Mohon tunggu...
Sirilus Rugin
Sirilus Rugin Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY 2019

Pecinta Budaya Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Persepsi dan Budaya Mengenai Simbol Lima Jari di Berbagai Negara

27 September 2020   23:28 Diperbarui: 27 September 2020   23:30 59 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persepsi dan Budaya Mengenai Simbol Lima Jari di Berbagai Negara
getty images/istockphoto

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar tersebut? Pasti banyak diantara kita yang menganggap bahwa gambar tersebut memiliki makna "Stop" yang artinya berhenti. Seringkali kita menggunakan simbol tersebut ketika kita hendak atau ingin memberhentikan seseorang. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari ketika kita tengah asyik mengobrol dengan teman-teman sebaya kita tiba-tiba handphone berbunyi ada panggilan dari orang tua semisal nah pasti secara spontan kita langsung mengacungkan lima jari kita dan meminta izin ke teman untuk mengangkat handphone. 

Penggunaan simbol lima jari yang menandakan berhenti sudah menjadi budaya kita terutama di Indonesia sehingga persepsi kita ketika melihat seseorang mengacungkan lima jari ke depan itu berarti menandakan atau memberi kode berhenti.

Banyak sekali saat ini pertanyaan yang muncul apakah persepsi dan budaya yang demikian sama halnya dengan di negara lain? 

Jawabannya adalah tidak. Mengapa tidak karena ada di beberapa negara tertentu yang menganggap bahwa penggunaan simbol lima jari dilarang dan dianggap sebagai suatu penghinaan tepatnya di Yunani. 

Jangan sesekali mengacungkan lima jari ke arah orang Yunani karena di sana persepsi dan budaya masyarakat di sana berbeda dengan di Indonesia. 

Konon katanya jika terdapat para kriminal atau pelaku tindak kejahatan yang berhasil tertangkap, mereka akan dibawa dan diarak kemudian warga boleh mengoleskan berbagai macam kotoran ke wajah pelaku dengan lima jari. Kita tau hal tersebut merupakan hal yang keji atau tidak manusiawi sehingga karena adanya peristiwa tersebut maka persepsi dan budaya orang Yunani mengenai penggunaan simbol lima jari dilarang dan dianggap penghinaan.

Bagaimana dengan negara lain selain negara Yunani? Di negara Amerika, simbol penggunaan simbol lima jari memiliki makna berbicara kepada saya dan juga berhenti. Kemudian di negara Meksiko penggunaan simbol lima jari memiliki makna hai. 

Sementara, di negara Malaysia simbol lima jari digunakan untuk menyapa seseorang, mengucapkan tanda terima kasih, serta untuk memanggil pelayan. 

Persepsi dan budaya mengenai simbol lima jari di tiga negara tersebut memiliki persamaan dengan persepsi dan budaya kita di Indonesia. Jadi tidak menjadi masalah jika kita menggunakan simbol lima jari di negara tersebut yang menjadi masalah jika kita menggunakan simbol tersebut di negara Yunani.

Jadi kesimpulannya setiap negara di dunia ini memiliki persamaan maupun perbedaan mengenai persepsi dan budaya sehingga kita perlu wawasan serta pengetahuan yang luas mengenai persepsi dan budaya yang ada di berbagai dunia. Caranya bagaimana kembali pada diri Anda masing-masing perbanyak membaca dan belajar dari orang lain dengan demikian kita tidak buta akan persepsi dan budaya.

#kabuajy05

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x