Mohon tunggu...
Berliana Siregar
Berliana Siregar Mohon Tunggu... Daulat Hati, tubuh dan Rasa

Kerjakan yang menjadi bagianmu.. Pikirkan hal-hal ringan @@##Kreatiflah@!!!

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Generasi Simpel Itu, Ya Generasi JELITA (Jelang Lima Puluh Tahun)

9 Oktober 2019   15:37 Diperbarui: 9 Oktober 2019   16:52 121 3 0 Mohon Tunggu...

Orang beranggapan generasi simpel itu kaum milenial kelahiran 2000-an. Dianggap memiliki kehidupan yang praktis. Ceplos-ceplos. Apa adanya. Suka yang ringan-ringan.

Nyatanya salah besar, generasi simpel itu rata-rata yang usia 45-50 tahun saat ini. Anda ada didalamnya kan? Simple bermakna sederhana adalah sebuah kombinasi pemikiran yang mayoritas dimiliki oleh generasi rentang usia JELITA ini. Dia berada diantara kutub tradisionalisme yang kuat mengungkung dan era modern yang serba instan. 

Pengaruh perkawinan dua kutub ini membuat generasi JELITA lebih simple hidupnya.  

Rata-rata usia Jelita masih berinteraksi dengan generasi tua (>75 tahun) secara intens. Mereka masih memiliki ayah. ibu, mertua, bibi, paman, tulang, namboru yang masuk dalam rentang usia lansia. Secara psikologi para kaum naif ini atau kaum yang masih suka mitos ini sangat memiliki pengaruh  besar dalam membentuk perspektif kaum JELITA.

Sehingga mereka sering bersikap simpel saja dalam menyikapi persoalan menyangkut  cara berpikir orangtua dulu. bagaimana pengelolaan keuangan versi kaum JELITA yang berdasarkan prinsip SIMPEL, filosofi SIMPEL dan gaya hidup SIMPEL. Ini dia!!!!

Hidup di tiga jaman berbeda di kurun waktu 1970, 2000 hingga dua ribu belasan membentuk kaum JELITA sangat simple dalam mengelola keuangannya. Percampuran antara pengelolaan keuangan tradisional, pengelolaan keuangan secara online, bahkan masih pernah merasakan pengelolaan keuangan simpan di bawah bantal membuat kaum JELITA tau benar resiko, manfaat, kelihaian, tips bahkan beradaptasi terhadap perkembangan keuangan yang ada. Apa itu konsep SIMPLEnya:

S= Selalu mengutamakan kebutuhan utama, dan bisa mengesampingkan keinginan

I= Intelek dan melek serta punya literature yang mumpuni soal pengelolaan keuangan

M= Menyeimbangkan kehidupan keluarga, Me time , dan kelangsungan alam

P= Penuh innovasi, kreatif, humor, tetapi tetap menjaga tradisi

E = Enggak malu miskin dan enggak sombong kalau kaya, ha..ha..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN