Mohon tunggu...
Asyifa alya
Asyifa alya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswi jurusan ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tanamkan Etika Berkomunikasi di Dunia Maya Maupun Nyata, Mahasiswi UNDIP Sosialisasikan Edukasi NETIKET

14 Agustus 2022   10:53 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:57 37 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bendungan (19/7) - Internet saat ini telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, dimana masyarakat dapat memposting seluruh kegiatannya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Setiap orang bisa dengan mudah berkomunikasi dan berbagi melalui Internet. Penggunaan media yang bebas memberikan kesempatan bagi setiap manusia untuk bebas berbicara dan mengutarakan pendapatnya. 

Mereka yang di dunia nyata takut berpendapat seakan mendapat ruang untuk berekspresi lewat media sosial. Tapi di sisi lain, karena media memberikan kebebasan berekspresi seluas-luasnya, banyak orang melupakan etika saat menyampaikan pendapat. 

Setiap postingan dapat dilihat dan disebarkan oleh siapapun. Dimanapun dan kapanpun terpaan informasi dapat selalu kita dapatkan, dan berikan tanggapan. Belum adanya kontrol terhadap arus informasi tersebut dapat menimbulkan berbagai macam persepsi. 

Dampak yang ditimbulkan dari tersebarnya suatu postingan dapat beragam, baik itu positif maupun negatif. Kebebasan yang dimiliki setiap orang untuk berbicara dan menyampaikan pendapat terkadang membuat orang lupa untuk tetap beretika.

Melihat adanya peristiwa ini, mahasiswi Universitas Diponegoro Asyifa Alya Husni dari Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan sosialisasi edukasi mengenai  Etika Komunikasi di Internet (Netiquette) di Keluraha Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN). Program kerja dilakukan dengan melakukan sosialisai mengenai  Edukasi Etika Komunikasi di Internet (Netiquette) secara langsung pada hari selasa tanggal 19 Juli 2022 di Balai Kelurahan Bendungan pada pulul 19.30 sampai dengan selesai. 

Yang menjadi target audience pada sosialisasi mengenai Edukasi Etika Komunikasi di Internet ini di khususkan pada kalangan usia remaja dan dewasa yang bekerjasama dengan teman-teman dari Karang Taruna Kelurahan Bendungan. Kegiatan sosialisasi juga dilakukan dengan menyebarkan poster edukasi di beberapa titik di Kelurahan Bendungan agar warga lainnya tetap dapat memperoleh informasi mengenai Etika Komunikasi di Internet.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi warga Kelurahan Bendungan tentang bagaimana etika berkomunikasi di Internet atau netiket, dengan melakukan sosialisasi langsung dengan membagikan poster yang menjelaskan beberapa etika-etika yang harus dilakukan setiap masyarakat saat berkomunikasi di Internet. Pada umumnya terdapat sekitar sepuluh etika berkomunikasi di Internet yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Dengan pelaksanaan program edukasi ini diharapkan warga kelurahan Bendungan diharapkan bisa lebih bisa bijak dan berhati-hati saat berkomunikasi di Internet.

Penulis : Asyifa Alya Husni, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

TIM II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022

Dosen Pembimbing : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., M.A.

Lokasi KKN : Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan