Mohon tunggu...
Sipa AnggraeniPratama
Sipa AnggraeniPratama Mohon Tunggu... Sipa Anggraeni Pratama Nur

STIE STEMBI Bandung Business School

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Makanan sebagai Peningkat Imunitas Tubuh

6 Desember 2020   08:50 Diperbarui: 6 Desember 2020   10:40 19 0 0 Mohon Tunggu...

Pangan atau makanan merupakan salah satu Pangan atau makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus benar benar terpenuhi guna untuk mendapatkan nutrisi ditubuhnya yang kemudian akan menjadi sumber energi. Makanan yang bergizi seimbang tentu sangat berpengaruh untuk perkembangan tubuh manusia juga sebagai penentu kesehatan dan kecerdasan manusia. Kebutuhan dasar manusia yang harus benar benar terpenuhi guna untuk mendapatkan nutrisi ditubuhnya yang kemudian akan menjadi sumber energi. Makanan yang bergizi seimbang tentu sangat berpengaruh untuk perkembangan tubuh manusia juga sebagai penentu kesehatan dan kecerdasan manusia.

Di masa pandemi ini kita tidak hanya di tuntut untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah saja, kita juga harus selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh kita agar tidak mudah terjangkit virus COVID-19 ini. Tentunya dengan cara memakan makanan yang bergizi seimbang dan bervitamin, terutama vitamin D dan vitamin A.

Ada banyak sekali jenis makanan yang memiliki manfaat kaya akan nutrisi yang dapat melawan berbagai jenis infeksi bakteri maupun virus. Menurut penelitian yang di publikasikan dalam Proceedings of the Nutition Society (2013), kekurangan salah satu spectrum nutrisi dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Untuk itu selain buah dan sayur sebagai sumber vitamin ada makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh lainnya. Seperti daging sapi, berbagai jenis ikan, yogurt atau susu dan sebagainya. Namun  akibat pendemi Covid-19. Beberapa Negara produsen pangan dunia seperti AS, Kanada, dan Thailand mengurangi ekspornya karena kendala logistik ataupun demi mengamankan pemenuhan kebutuhan warna negaranya. Sehingga awal Apri lalu dunia terancam krisis pangan dan kelaparan akibat wabah korona.

Namun kita tak perlu terlali khawatir akan hal itu karena negara kita Indonesia punya potensi produksi ikan terbesar di dunia. Dilangsir menurut Food and Agricultural Organization (FAO), potensi lestari sumber daya perikanan tangkap laut Indonesia mencapai sekitar 6,5 juta ton per tahun dengan tingkat pemanfaatan mencapai 5,71 ton per tahun. Untuk potensi lahan pertanian, Indonesia adalah penghasil utama dari berbagai produk pertanian tropis. Komoditas pertanian penting di Indonesia meliputi minyak sawit, karet alam, kakao, kopi, teh, singkong, beras dan rempah-rempah tropis.

Kita bisa memanfaatkan hasil pertanian Indonesia sebagai sumber makanan yang guna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, dan yang terpenting nutrisi dalam tubuh kita selalu terjaga.

Salah satu sumber kekayaan produksi pangan di Indonesia yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh yaitu teh hijau. Teh hijau termasuk salah satu makanan peningkat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan yang epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut penelitian EGCG telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu teh hijau merupakan sumber asam amino L-theanime yang membantu memproduksi senyawa pelawan kuman di sel imunitas tubuh kita.

Masih banyak lagi makanan yang dapat menjaga imunitas tubuh kita. Namun ingat, kita harus mengkonsumsi makanan dengan wajar tidak boleh berlebihan yang di khawatirkan akan menjadi efek samping dari makanan yang kita konsumsi berlebihan

VIDEO PILIHAN