Mohon tunggu...
Sintiasrihidayah
Sintiasrihidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tips Memilih Sepatu Gunung agar Kamu Tidak Salah Pilih

3 Juli 2022   18:41 Diperbarui: 3 Juli 2022   19:10 145 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Popmama.com

Mendaki gunung adalah suatu kegiatan atau aktivitas olahraga di alam terbuka, yang pada umumnya identik dengan berjalan menuju puncak. Dalam mendaki gunung, pendaki harus berjalan berjam-jam dengan melewati beberapa pos yang sudah disediakan. 

Para pendaki juga harus melewati tantangan dalam perjalanannya, mulai dari yang ringan seperti melewati jalan bebatuan dan melewati pohon-pohon tumbang, hingga harus melewati tantangan yang ekstrim seperti melewati jurang yang dipenuhi bebatuan atau licin, dan memanjat tebing.

Walaupun harus melewati kesulitan yang begitu beragam, itu akan terbayar jika kamu sudah mencapai puncak dan mendapatkan pemandangan yang Indah.

Tapi dalam mendaki juga tidak harus dan tidak diwajibkan untuk mencapai puncak. Kamu bisa kembali turun jika badan kamu sudah merasa tidak kuat lagi untuk mendaki, atau karena hujan lebat yang terus terusan mengguyur sehingga menyulitkan kamu untuk mendaki dan jika diteruskan bisa beresiko buruk.

Maka dari itu, saat kamu ingin mendaki gunung kamu harus menentukan waktu atau musim yang pas untuk mendaki. Hindarilah mendaki gunung saat musim hujan, karena banyak gunung yang longsor akibat diguyur hujan terus menerus. Selain itu medan pendakian juga menjadi lebih licin, berkabut, dan suhu udara menjadi lebih dingin yang bisa mengakibatkan hipotermia.

Mendaki gunung merupakan hobi yang sudah digemari banyak orang, mulai dari remaja hingga dewasa. Walaupun olahraga ini penuh tantangan, banyak sekali orang atau pemula yang ingin mencobanya. Karena mendaki membutuhkan waktu yang cukup lama dan mempunyai medan yang bermacam-macam. selain fisik, tentunya kamu harus mempersiapkan peralatan mendaki yang dibutuhkan, salah satu peralatan yang wajib bagi para pendaki yaitu sepatu gunung atau sepatu pendakian.  

Saat membeli sepatu gunung, kamu tidak bisa asal membeli saja. Kamu harus membeli sepatu gunung yang nyaman dan aman, agar tidak menyulitkan kamu dalam mendaki. Berikut ini merupakan 5 tips yang bisa membantumu dalam memilih sepatu gunung.

1. Pilihlah Sepatu Yang Nyaman
Mendaki gunung tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit, perlu waktu berjam-jam untuk mencapai puncak. Karena itu kenyamanan tentunya sangat penting setelah keamanan. 

Jangan membeli sepatu hanya karena modelnya saja tetapi utamakanlah sepatu yang membuat kamu nyaman saat memakainya. Saat membeli sepatu gunung juga kamu tidak direkomendasikan untuk membelinya secara online, lebih baik kamu datang langsung ke tokonya. 

Jika kamu membeli online, kamu tidak bisa mencobanya terlebih dahulu dan tidak tahu apakah sepatu itu nyaman atau tidak saat kamu pakai. Berbeda jika kamu membelinya langsung, kamu bisa langsung mencobanya dan bisa memilih sepatu yang paling nyaman yang ingin kamu beli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan