Mohon tunggu...
Sintha Wahyu Arista
Sintha Wahyu Arista Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa KKN-T 13 Umsida Kembangkan UMKM Masyarakat Melalui Workshop Digital Marketing

15 September 2022   21:42 Diperbarui: 15 September 2022   23:01 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1 workshop digital marketing melalui marketplace shopee dan sosial media (dokpri)

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tentu menginginkan usahanya berkembang dan lebih dikenal. Menanggapi hal tersebut Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 13 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan Workshop Digital Marketing, Sabtu (10/09).

Acara tersebut digelar pada 10 September 2022, bertempat di TPQ Mujahidin Desa Wangkal, Kecamatan Krembung yang dihadiri oleh 25 peserta diantaranya anggota Ranting Aiyiyah dan masyarakat sekitar yang memiliki UMKM. Dalam sambutan Ketua Pelaksana, Khithoh Sabda Muhammad menyampaikan bahwa agenda pada hari ini merupakan agenda yang sangat bermanfaat untuk meyikapi perkembangan zaman terlebih lagi pada saat ini kita harus lebih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. 

Tim KKN-T 13 menghadirkan Nafi Ramadhani sebagai narasumber. Pada aspek digital marketing, ia menjelaskan beberapa metode sederhana untuk mempromosikan dan menjual produk melalui digital marketing. Metode ini dapat digunakan dalam peningkatan pemasaran produk UMKM antara lain melalui Marketplace dan Social Media. Sebagai contoh, marketplace yang digunakan adalah Shopee karena Shopee telah menjadi platform yang sering digunakan oleh warga Indonesia. 

"Salah satu tujuan utama dari digital marketing ini untuk menjangkau target pelanggan agar lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada, selain itu juga dapat menghemat anggaran" tutur Nafi.

 "Kegiatan yang diadakan oleh tim KKN-T 13 UMSIDA baik dan positif, pemilik UMKM dapat menambah wawasan pengetahuan tentang digital marketing khusunya pada marketplace Shopee dan media sosial dan harapannya pengusaha dan UMKM di Desa Wangkal lebih memanfaatkan hal tersebut untuk lebih mensukseskan dirinya dalam bidang kewirausahaan," ungkap salah satu peserta Pelatihan.

Gambar 2 sesi foto bersama tim KKN-T 13 dengan peserta workshop digital marketing  (dokpri)
Gambar 2 sesi foto bersama tim KKN-T 13 dengan peserta workshop digital marketing  (dokpri)

Penulis : Sintha Wahyu Arista

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan