Mohon tunggu...
Sinta Triana
Sinta Triana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berisikan macam macam pengetahuan serta ilmu baru bagi pembaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Cara Unik Sosialisasi Anti Narkoba Kepada Anak-Anak Madrasah Diniyah Awwaliyyah Al-Hidayah di Kelurahan Bnjardowo

15 Agustus 2022   04:30 Diperbarui: 15 Agustus 2022   05:05 45 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banjardowo, Genuk, Semarang (09/08/2022) - Permasalahan narkoba terutama di Indonesia merupakan salah satu masalah nasional yang dipandang serius. Pasalnya, penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa. Karena itu pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba. Peredaran narkoba sekarang ini tidak hanya dikalangan orang dewasa, namun juga merebak kepada kalangan muda bahkan anak-anak di bawah umur. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Sebagai salah satu bentuk dari gerakan anti narkoba dan juga edukasi akan bahayanya penyalahgunaan narkoba sejak dini, mahasiswa KKN tim II Undip mengadakan sosialisasi Anti Narkoba kepada anak-anak Madrasah Diniyah Awwaliyyah Al-Hidayah pada RW 09 Kelurahan Banjardowo. Namun, tak seperti sosialisasi pada umumnya, kali ini sosialisasi dilakukan dengan cara unik yakni dengan cara mementaskan drama kecil yang dapat menarik perhatian anak-anak. Dalam pementasan drama ini tersajikan contoh nyata dari pengguna narkoba yang memiliki perilaku aneh dan juga fisik yang mencerminkan pengguna narkoba. Pementasan drama ini berhasil menarik banyak perhatian anak-anak madrasah. Mereka juga tampak menikmati dan menyimak segala pesan yang terkandung di dalam drama. Setelah itu, mahasiswa KKN Tim II Undip juga memberikan materi-materi yang berkaitan dengan pengetahuan akan narkoba dan bahayanya penyalahgunaan narkoba yang tentunya dengan bahasa yang sangat mudah dipahami sehingga mengundang antusiasme anak-anak madrasah.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Pelaksanaan sosialisasi anti narkoba ini dilaksanakan pada Selasa, 9 Agustus 2022 pukul 15.30-16.30 WIB di serambi masjid Jami' Al-Hidayah pada RW 09 kelurahan Banjardowo dan dihadiri oleh 60 anak-anak Madrasah Diniyah Awwaliyyah Al-Hidayah, para guru madrasah, dan juga tokoh masyarakat. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat terutama anak-anak sejak dini dikenalkan akan bahayanya narkoba dan kedepannya dapat secara bersama-sama menghindarkan diri dari narkoba.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Penulis : KKN Tim II Undip Tahun 2021/2022

DPL : Agus Naryoso, S.Sos., M.Si

Lokasi : Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan