Mohon tunggu...
Sinta Triana
Sinta Triana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berisikan macam macam pengetahuan serta ilmu baru bagi pembaca

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Angka Stunting di Jawa Tengah Masih Mengkhawatirkan, Mahasiswa KKN Tim II Undip Berikan Edukasi Tentang 1000 HPK Upaya Pencegahan Stunting

15 Agustus 2022   03:20 Diperbarui: 15 Agustus 2022   03:54 49 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banjardowo, Genuk, Semarang (04/08/2022) - Stunting (kerdil) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur. Balita stunting termasuk masalah gizi kronik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Balita stunting di masa yang akan datang akan mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dalam rangka penanggulangan permasalahan stunting di tingkat Kelurahan Banjardowo, mahasiswa KKN Undip memberikan sosialisasi yang bertema "Cegah Stunting itu Penting". Dari hasil wawancara bersama Forum Kesehatan Kelurahan (FKK) sejauh ini angka kasus stunting di Kelurahan Banjardowo cukup rendah. Kasus tersebut hanya tersebar di RW 01 sebanyak 1 anak, RW 02 sebanyak 1 anak dan RW 07 sebanyak 2 anak. Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan pembicara dari mahasiswa KKN Undip yang ahli dalam bidang tersebut dengan membahas beberapa aspek terkait stunting seperti kesadaran stunting, cara mencegah dan menangani stunting, kebutuhan gizi untuk anak serta penanganan ekstra terhadap anak-anak penderita stunting di Kelurahan Banjardowo. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 pada pukul 09.00-10.30 WIB yang bertempatan di aula Kelurahan Banjardowo. Kegiatan ini dihadiri oleh kader-kader posyandu serta perwakilan dari FKK. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Kegiatan posyandu ini diawali dengan doa dan pembacaan susunan acara, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Undip serta pemberian sambutan dari Bapak Suhartono, S.H selaku lurah Banjardowo. Selanjutnya pemaparan materi 1 tentang stunting, ice breaking, kemudian dilanjutkan pemaparan materi ke 2 tentang 1000 HPK, yang terakhir sesi tanya jawab serta quiz dengan hadiah yang menarik. Kader-kader posyandu sangat antusias dengan pemaparan yang diberikan oleh mahasiswa KKN Undip karena mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru bagi ibu-ibu. Selain itu tampak ketertarikan peserta terkait masalah stunting yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang terlontar.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Harapan dengan diadakannya sosialisasi ini para kader posyandu menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diberikan pada saat diadakannya kegiatan posyandu di setiap RW yang ada di Kelurahan Banjardowo. Selain itu para kader menyampaikan kepada setiap orang tua untuk lebih memahami dan mengetahui tentang pentingnya tumbuh kembang anak dengan memberikan kebutuhan gizi yang baik terhadap anak serta pola asuh yang baik dalam mendidik sang anak.

Penulis : KKN Tim II Undip Tahun 2021/2022

DPL : Agus Naryoso, S.Sos., M.Si

Lokasi : Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan