" Barang siapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya " -- imam syafi'i
Belajar adalah suatu proses atau usaha yang menjadi dasar di dalam Pendidikan setiap individu dengan melalui praktek atau Latihan. Belajar merubah ketidak tahuan menjadi tahu, menambah wawasan agar lebih luas. Pepatah pernah berkata tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina dari ungkapan tersebut bisa kita ketahui bahwa begitu pentingnya mencari ilmu begitu pentingnya belajar.
Model pembelajaran di manfaatkan untuk membuat kurikulum dan pengarahan bagi pengajar dan Menyusun materi untuk siswa di kelas. Sehingga siswa dapat belajar dengan efisien dan efektif dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.
Model pembelajaran memiliki empat komponen yakni :
- SyntaxÂ
- Syntak berarti Langkah, menerangkan beberapa tata cara penerepan yang dapat di gambarkan secara benar benar ada.
- Sistem sosialÂ
- pada proses ini pendidik bertugas sebagai pembimbing, penyedia, sumber pernyataan dan pengetahuan. Pada proses ini pendidik harus bisa memberikan informasi yang akurat karena itu bisa mempengaruhi aktivitas pembelajaran
- Prinsip reaksi
- Pada Prinsip ini pendidik dapat merespon tentang apa yang di lakukan peserta didik lakukan.
- Sistem pendukung
- 3 komponen yang harus di perhatikan dalam sistem pendukung :Â
- Bahan
- Fasilitas
- Instrumen yang bisa di pakai
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARANÂ
- EXAMPLES NON EXAMPLES
- Menggunakan metode belajar di sertai dengan conto-contoh.
- Langkah-langkah
- Guru-guru menyiapkan gambar sesuai dengan pembelajaran
- Guru memberikan waktu untuk peserta didik mengamati dan menganalisa materi yang di sampaikan
- Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
- Mulai memberi komentar/serta hasil diskusi siswa
- Kesimpulan
- Numbered heads togetherÂ
- Langkah-langkah
- Siswa dibagi perkelompok
- Guru memberi tugas di masing-masing kelompok untuk mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan  jawaban yang benar dan memastikan kelompok lain bisa menjawabnya
- Guru memanggil kelompok untuk melapor hasil tugasnya
- Kesimpulan
- Cooperative scriptÂ
- Langkah-langkah
- Guru membagi siswa untuk berpasangan
- Guru membagikan materi untuk dibaca dan membuat sebuah ringkasan
- Guru menetapkan siswa sebagai pembicara dan sebagai pendengaran
- Pembaca membacakan ringkasannya dengan memasukkan ide-ide pokok
- Bertukar peran
- Kesimpulan dan penutup
- Kepala bernomor strukturÂ
- Langkah-langkah
- Siswa di bagi kelompok
- Penugasan diberikan kepada setiap siswa
- Guru menyuruh kerja sama antar kelompok
- Laporkan hasil dan tanggapan kelompok lain
- Kesimpulan
- Stad
- Langkah-langkah
- Membagi kelompok beranggotakan 4 orang
- Guru menyajikan pembelajaran
- Guru memberi tugas kepada kelompok
- Guru memberi kuis pada kelompok
- Kesimpulan
Contoh model pembelajaran
- Model pembelajaran individual
- Bertujuan agar peserta didik dapat berkembang dengan baik sesuai kebutuhan murid secara mandiri. Contoh : - portofolio -- penilai diri
- Model pembelajaran kolaborasi
- Peserta didik dibagi berkelompok dan tugas di diskusikan dengan kelompok
- Contoh: - quiz tim
- Model pembelajaran sikap
- Tujuan untuk menumbuhkan kesadaran, perasaan dan sikap peserta didik
- Contoh: - mengenali diri sendiri
- Model pembelajaan bermain
- Dengan bermain peserta menjadi inovatif dan kreatif dan peserta didik menjadi enjoy dan menyenangkan. Contoh : - teka teki -- tebak kata permainan
- Model pembelajarn multimodel
- Menggunakan model yang menjadikan hasil yang maksimal
- Contoh: - magang
Ciri-ciri model pembelajaran
- memiliki visi dan misi pembelajaran yang jelas
- memiliki rencangan pembelajaran yang matang
- memiliki lingkungan pembelajaran yang sesuai
- tingkah laku mengajar
Â
fungsi model pembelajaranÂ
- menjadi pedoman bagi pengajar untuk proses pembelajaran Â
- pedoman bagi pengajar dalam aktivitas belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai
- kesimpulan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan harus bisa mewujudkan model pembelajaran yang efektif dan efisien.