Mohon tunggu...
Sinta Nurhayati
Sinta Nurhayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Angkatan 2021

Merendahlah hingga orang lain tak dapat merendahkan mu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Komponen-komponen dalam Manajemen Pendidikan Islam

13 Mei 2022   02:41 Diperbarui: 13 Mei 2022   03:22 283 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebelum masuk ke pembahasan inti saya akan menjelaskan sedikit mengenai Apa itu Manajemen Pendidikan Islam? 

PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni 'manage' yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan dan memimpin. Adapun pengertian pendidikan islam yakni, proses pembimbingan seseorang terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam menuju kepribadian muslim, serta disusun secara sistematis, terencana, dalam upaya mengembangkan potensi yang ada pada diri anak didik secara optimal.

Dengan demikian yang dimaksud dengan Manajemen Pendidikan Islam adalah Ilmu yang berisi tentang suatu proses penataan atau pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan sumber daya manusia muslim dan menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan inti mengenai komponen-komponen dalam Manajemen Pendidikan Islam. Mari kita simak bersama-sama.

KOMPONEN-KOMPONEN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Komponen manajemen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pendidikan islam. Setidaknya ada 7 (tujuh) buah komponen dalam konsep pendidikan yang harus dikelola dengan baik dan benar. Mari kita bahas satu per satu komponen-komponen tersebut secara singkat.

1. Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran

Kurikulum dan program pengajaran merupakan landasan dalam proses pendidikan yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan. Perencanaan dan pengembangan kurikulum nasional telah dilakukan Departemen Pendidikan Nasional pada tingkat pusat.

Agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, serta mencapai hasil yang diharapkan, diperlukan program manajemen pengajaran. Manajemen pengajaran adalah keseluruhan proses penyelenggaraan kegiatan di bidang pengajaran yang bertujuan agar seluruh kegiatan pengajaran terlaksana secara efektif dan efesien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan