Mohon tunggu...
ANNA JULIANTO
ANNA JULIANTO Mohon Tunggu... manusia biasa

orang biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Lihat Kereta Api atau Lihat Pesawat

16 Mei 2019   21:48 Diperbarui: 16 Mei 2019   21:49 0 4 1 Mohon Tunggu...

Mungkin bagi sebagian besar orang akan menganggap aneh lokasi yang akan saya sebutkan tapi itulah lokasi favorit warga solo dan sekitarnya menghabiskan sore hari terutama di bulan ramadhan saat menunggu waktu berbuka puasa. Lokasi itu adalah sepanjang pinggir rel kereta api  antara solo-Jogjakarta  atau dipinggir lintasan run way bandara Adi Sumarmo di Boyolali Jawa Tengah.

Kenapa mereka memilih lokasi tersebut saya juga tidak tahu tapi menurut para pengunjung ada sesuatu yang unik ketika melihat kereta api lewat atau pesawat udara mendarat ( landing) atau lepas landas (take off). dan melihat pemandangan ini gratis dan tidak bayar hanya mungkin bayar parkir.

Keadaan banyaknya pengunjung telah banyak dimanfaatkan para pedagang untuk menggelar dagangannya bahkan para pemilik permainan anak-anakpun ikut meramaikan keramaiam ini.

Untuk  melihat kereta api ada lokasi-lokasi favorit seperti di sekitar halaman stasiun Gawok, disini menjadi favorit karena banyak pedagangnya dan juga banyak orang-orang yang menyewakan wahana permainan sehingga menyebabkan kemacetan yang parah mulai jam 17.00 hingga 17.30 karena saat itu volume perjalanan kereta api banyak dan para pengguna jalan juga banyak serta para wisatawan yang ingin lihat kereta api juga banyak.

Keadaan ini telah banyak menyusahkan para petugas kereta api sehingga membuat mereka memasang spanduk yang besar yang berisi larangan  untuk melihat kereta api terlalu dekat atau melihat di area rel kereta api karena akan membahayakan nyawa ataupun jiwa para pengunjung dan juga itu termasuk melanggar undang-undang.

Keadaan serupa juga dialami di sekitaran run way bandara Adi Sumarmo terutama disisi barat yang tidak ada pagar pembatas karena merupakan tempat naik dan turun pesawat. Sehingga pihak bandara sering menerjunkan personil patroli untuk menertibkan pengunjung karena pernah ada kejadian mobil yang terlempar karena terkena efek dari pesawat yang take off karena kebetulan disisi barat bandara adalah jalan raya sehingga kadang ada pengemudi mobil yang nekat parkir di depan run way tersebut meski sudah ada larangan bahkan ada rambu lalu lintas berupa lampu lalu lintas  yang akan menyala merah jika ada pesawat yang mau take off.

Untuk saya pribadi tidak menyarankan berwisata di sekitar rel kereta api atau sekitaran run way pesawat karena bisa membahayakan diri dan juga membuat kemacetan untuk itulah saya sarankan untuk berwisata ke masjid-masjid terutama yang unik atau kuno mengandung sejarah perkembangan Islam atau bisa juga ke lokasi kolam pemancingan yang juga menyediakan menu buka puasa sehingga sambil menunggu buka puasa bisa memancing ikan yang ada di kolam untuk hiburan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x