Mohon tunggu...
sinatrya nisa budikusuma
sinatrya nisa budikusuma Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aksi Nyata Mahasiswi KKN UNS Sebagai Relawan Covid-19 yang Terjun Langsung di Lingkungan Rumah

27 Juli 2020   11:56 Diperbarui: 27 Juli 2020   11:45 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aksi Nyata Mahasiswi KKN UNS Sebagai Relawan Covid-19 yang Terjun Langsung di Lingkungan Rumah
dokpri kkn

  • (Cilacap, 27/07/2020) Adanya pandemi Covid-19 saat ini, Universitas Sebelas Maret memutuskan untuk melaksanakan kegiatan KKN dengan mengerahkan mahasiswa untuk terjun sebagai relawan Covid-19 yang dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa, didampingi oleh dosen pembimbing lapangan. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, diharapkan kuliah kerja nyata ini dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 karena seperti yang kita ketahui bahwa usaha dari pemerintah saja tidak cukup, masyarakat harus diberikan edukasi terkait pentingnya menjaga kesehatan demi mencegah terjangkit Covid-19.

  • Sinatrya Nisa Budikusuma NIM K1317067 merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Sebelas Maret adalah salah satu contoh mahasiswa yang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata Covid-19 pada periode kedua. Kegiatan KKN ini dilangsungkan di lingkungan tempat tinggalnya yaitu di RT 02 RW 02 Kelurahan Tambakreja, Cilacap Selatan, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Mei 2020 -- 20 Juni 2020 dengan didampingi oleh Bapak Yayan Suherlan Sn., M.Sn. sebagai dosen pembimbing lapangan, Sinatrya mengambil tema besar "Supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19".
  •  
  • Program KKN COVID-19 yang dilakukan yaitu mencakup penyebaran informasi, edukasi dan diskusi terkait isu-isu tentang Covid-19 melalui grup whatsapp RT setempat; pembuatan banner tentang New Normal; pengadaan fasilitas tempat cuci tangan; sosialiasi maupun edukasi tentang PHBS; serta pembagian masker,  face shield, dan cairan disinfektan yang dilakukan secara door to door dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dibuatkan pula video tutorial membuat masker dan face shield kemudian dibagikan kepada warga. Diharapkan video tersebut dapat mengedukasi warga dan warga bisa membuka usaha baru yang dapat dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19.

  • Berakhirnya kegiatan KKN ini banyak memperoleh apresiasi terlebih pada masyarakat di RT 02 RW 02 Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Bentuk apresiasi ini terjadi karena sebelumnya terdapat permasalahan dasar di lingkungan masyarakat yaitu masih rendahnya pemahaman masyarakat terkait Covid-19. Dengan adanya kegiatan KKN ini kebutuhan masyarakat akan edukasi serta sosialisasi COVID-19 menjadi terpenuhi. Ketua RT di lingkungan mengungkapkan rasa senangnya karena adanya kegiatan KKN ini di lingkungannya.

  • "Alhamdullilah dengan adanya program KKN dari mahasiswa UNS di lingkungan sini, sekarang warga sudah mulai sadar akan pentingnya memakai masker saat keluar rumah, ataupun penerapan PHBS. Dan video tutorial yang disampaikan di grup whatsapp juga sangat bermanfaat karena banyak warga yang mencoba membuat masker dan face shield baik untuk dipakai sendiri ataupun dijual." Ujar Bapak Eli selaku Ketua RT 02 RW 02.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x