Mohon tunggu...
SENO R. PUSOP JR
SENO R. PUSOP JR Mohon Tunggu... Desainer - @rockyjr.official17

More Than Winner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Milenial Berharap kepada Pemerintah ke Depan Harus ada Festival Budaya Yahukimo

17 September 2021   16:24 Diperbarui: 18 September 2021   17:15 200 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Milenial Berharap kepada Pemerintah ke Depan Harus ada Festival Budaya Yahukimo
Seno Rocky Pusop | Creator Digital & Milenial Yahukimo (Source : Dokpri)

Kebudayaan di Yahukimo adalah salah satu kebudayaan yang ada sejak peradaban manusia hingga perkembangan sejarah suku-suku yang ada di Kawasan ini, dari dahulu sampai sekarang tetap eksis diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur. 

Secara keseluruhan Kabupaten Yahukimo dihuni oleh kurang lebih sekitar 14 suku. Berbagai macam adat istiadat dalam Kebudayaan Yahukimo, mulai dari keunikan bahasa, religi, hukum, upacara adat, kesenian, dan tradisi-tradisi lainnya yang masih tetap terproteksi dan tersimpan dengan rapih. 

Yahukimo memiliki kebudayaan yang beranekaragam. Kebudayaan disini menempati posisi yang paling sentral dalam seluruh tatanan hidup manusia. Bahkan seluruh bangunan hidup setiap suku yang ada, berdiri di atas landasan kebudayaan. Untuk itu, penting bagi kita untuk harus lestarikan.

Dengan adanya "Festival Budaya Yahukimo" agar dapat menampilkan jati diri, eksistensi, dan sentralisasi budaya Yahukimo dalam bentuk konsep 'Pentas Seni dan Sastra'. Selain mempertontonkan keragaman budaya Yahukimo, nilai moril dari event tersebut, yakni budaya dan sejarah Yahukimo yang demokratis serta bebas berekspresi ikut tercermin dalam setiap momennya.

Mengingat, karakter kebudayaan dewasa ini kurang mendapat perhatian secara serius dan intens. Orang zaman ini menganggap budaya sebagai dunia individual dan story ketimbang dunia sosial dan histori.

Walau bagi kami milenial, Kebudayaan Yahukimo itu sebagai "PINTU" yang membawa kita kepada pemahaman yang lebih holistik dan esensial tentang hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk sosialis dan historis.

Pijakan "BUDAYA YAHUKIMO DAN MASA DEPAN" adalah tujuan utama Festival Budaya Yahukimo dalam meperlihatkan dan mengapresiasikan pesona Papua. Selain mengeksplor budaya Yahukimo untuk diturunkan kepada generasi Yahukimo.

Jika pembangunan daerah adalah pembangunan manusia dan masyarakat Yahukimo seutuhnya, otonomi dan kebebasan dunia kebudayaan mestinya didukung oleh semua pihak yang merasa berkepentingan dengan masa depan generasi, budaya, dan daerah ini. Jika tidak dunia kreativitas itu akan degradasi.

Karena hidup manusia ditopang oleh pandangan hidup dan nilai-nilai khas manusiawi, sebab melaluinya kita berusaha memahami kehidupan maupun keberadaan di dunia sekitar. Dengan adanya nilai-nilai ini, kita mencapai tujuan hidup yang penuh dengan kebaikan, kebahagiaan, dan pemenuhan diri. Terlebih lagi, semboyan Kabupaten Yahukimo "DAMAI SEJAHTERA" itu benar-benar kita wujud nyatakan.

Writter : Seno Rocky Pusop
Creator Digital/Milenial Yahukimo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan