Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com youtube : https://www.youtube.com/channel/UCL2z2EUZdml4YIKyqlpsEQw Saya pria, lahir di kota Tahu, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 24 Desember , anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Dua Sisi Aplikasi Google

10 Oktober 2022   14:07 Diperbarui: 11 Oktober 2022   09:58 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pencarian di google dengan menggunkan kata kunci Sim Chung Wei-dok pri

Dua sisi Aplikasi Google 

Berawal dari keisengan murid-murid kelas 7 di kelas kami, mereka mencoba mencari nama saya  melalui mesin pencari di internet, bernama google. Melalui web atau aplikasi ini,  mereka bisa menemukan, nama akun twitter, Intagram, youtube, dan akun kompasiana saya. Demikian juga saat mereka memilih opsi dengan pencarian gambar atau foto, mereka bisa menemukan foto-foto saya lewat mesin pencari tersebut. Beberapa dari mereka sambil beranda berkat "bapak terkenal juga yah, foto-fotonya bisa ditemukan di google.

pencarian foto dengan google menggunakan kata kunci Sim Chung Wei-dokpri
pencarian foto dengan google menggunakan kata kunci Sim Chung Wei-dokpri
Mesin pencarin ini ternyata bisa menemukan nama akun sosial media dan foto-foto saya, dalam hitungan detik. Sungguh takjub saya ketika saya lihat estimasi waktu pencarian yang dilakukan hanya sepersekian detik. Di satu sisi jika digunakan dengan baik, dapat digunakan untuk memperpanjang tali silaturahmi, seperti halnya saya masih bisa terhubung dengan beberapa teman masa Sekolah dasar, masa SMP dan masa SMA. Namun seperti halnya mata uang logam yang memiliki dua sisi, teknologi ini juga mempermudah oknum-oknum yang hendak mencari keuntungan  dengan memanfaatkan data diri seseorang yang ditemukannya lewat apliaksi ini.

Betapa luar biasanya teknologi internet, yang bisa membuat kita mudah ditemukan dan menemukan seseorang atau bahkan sesuatu. Hal ini membuat kita menjadi menglobal tanpa batas dan sekat negara. apalagi jika kita mau mencari selebritis atau tokoh terkenal dunia, akan lebih mudah dan lebih banyak sumber yang ditemukan.

Ada pula aplikasi google map yang dapat mencari alamat yang kita maksud dangan bantuan gps (Global Positioning System),  yang didukung oleh sistem navigasi satelit. Meski saat ini akurasinya belum terlalu tepat, aplikasi ini memberikan kemudahan saat kita kan mengunjungi temapt-tempat yang baru pertama kali kita kunjungi. Lewat aplikasi ini juga kita dapat mencari penginapan, tempat makan dan obyek wisata, disertai juga dengan perkiraan lama perjalanannya. Setidaknya kita memiliki patokan untuk menemukan alamat yang kita tuju. Di sisi lain, kemudahan ini juga dapat digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan.

Selain itu, kita juga perlu mempersiapkan diridengan literasi digital dan pemahaman yang benar dengan sistem keamanan di internet. Hal ini diperlukan ntuk menjaga kerahasian data yang memangtidak untuk kita bagikan.

Makanya marilah kita bijak menggunakan setiap teknologi yang ada. termasuk penggunaan internet dan aplikasi-aplikasi yang menyertainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun