Mohon tunggu...
Simatupang Napogos
Simatupang Napogos Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Aktif menulis dan pengamat masalah sosial. Juga menjadi Anggota PPPSU Medan Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Bijaksana dalam Menyikapi Suhu Politik Saat Ini

4 November 2023   02:00 Diperbarui: 4 November 2023   05:53 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
( Sumber dari SINDOnews.com )

Kalau kita belajar dari suasana pemilu sebelumnya, maka tentunya  masyarakat sudah harus  memahami bahwa narasi-narasi yang patut diduga dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu itu adalah lagu lama yang diputar kembali. Dari pengalaman sebelumnya pula, masyarakat perlu sadar bahwa jargon-jargon intoleran, dan antikeberagaman sejatinya hanyalah alat politik pihak-pihak tertentu.

Tingkat tensi dan suhu politik bisa jadi akan semakin tinggi di awal tahun depan. Hal ini didasarkan oleh kondisi  partai politik diperkirakan akan menentukan siapa calon yang akan diusung untuk menjadi capres dan cawapres untuk lima tahun kedepannya. Belum lagi persaingan antara kaum tua dengan kaum muda. Nepotisme dan kolusi pasti akan bersatu ,embentuk persaingan baru untuk memenangkan pemilu.

Tentunya perlu kesadaran dari masyarakat, termasuk para elite politik untuk memberikan edukasi politik yang masif kepada masyarakat dan para kontestan politik, agar tidak terprovokasi oleh kepentingan-kepentingan politik yang tidak bermanfaat. Penting juga untuk melakukan peningkatan literasi politik di kalangan masyarakat dalam menyambut pemilihan umum 2024.

Oleh karena itu maka sangat  penting untuk melakukan peningkatan literasi politik bagi masyarakat untuk mengantisipasi berbagai isu yang akan mencuat di media sosial maupun media massa. Dengan literasi politik tentunya akan meredam debat kusir antar caleg, capres dan cawapres dengan elite politik.

Marilah kita bersiksp bijaksana dalam menghadapi suhu politik saat ini agar diperoleh ketegasan dan kejujuran dalam Pemilu 2024. HindariPemilu curang dengan money politik dan tirani kekuasaan yang membungkam para ahli hukum untuk bernuat jujur dan benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun