Pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia membuat banyak sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh atau remote learning. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga berupaya membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan daring (dalam jaringan).
Selain itu, para Guru dan murid juga mesti siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah. Remote learning dapat dipandang lebih bebas dan fleksibel diakses dari rumah. Kemudian, bagaimana Upaya guru agar pembelajaran daring dan jarak jauh dapat dilakukan dengan efektif ? Coba simak uraian di bawah ini.
- Guru harus dapat menguasi teknologi
Dimana pada masa pandemi covid 19 ini guru harus lebih menguasai teknologi karena pembelajaran berlangsung memalui daring belajar dari rumah menggunakan teknologi yang ada.
- Menjaga komunikasi dengan siswa dan orang tua siswa
Komunikasi adalah hal yang paling penting, dimana guru, siswa, serta orang tua harus tetap berkomunikasi bagaimana tentang pembelajaran dan penugasan siswa tersebut yang berlansung dirumah dalam awasan orang tua. Guru juga terus menanyakan bagaiana perkembangan siswanya kepada orang tua yersebut.
- Guru harus mampu mengendalikan konsentrasi anak didiknya walaupun tidak bertemu secara langsung
Meskipun proses pembelajaran daring tidak se efektif proses pembelajaran langsung, seorang guru harus dapat mencari cara dan menyiasati bagaimana agar kualitas belajar tetap baik.
- Guru harus selalu merasa happy
- Dimana kita ketahui pembelajaran daring ini sangat tidak mudah banyaknya rintangan yang terjadi karena tidak bertemu secara langsung, namun guru harus selalu merasa happy gembira walau terkadang banyak keluhan -- keluhan yang terjadi agar pembelajatan berlangsung baik.
- Saling berinteraksi sesama guru dan pihak sekolah
- Harus ada saling tukar pikiran antar guru lainnya bagaimana pembelajaran daring ini yang sangat membinggungkan kita semua. Dan juga saling membantu antar sesama bagaimana motode pembelajaran yang harus dilakukan.