Mohon tunggu...
silvia sahara
silvia sahara Mohon Tunggu... hallo

mindset, set yor life

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pentingnya Belajar dan Mengajarkan Agama di Usia Dini, Mahasiswa KKN UNISMA Ikut Membimbing

31 Agustus 2020   18:25 Diperbarui: 31 Agustus 2020   18:45 23 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa UNISMA malang silvia sahara melaksanakan KKN di desa yeh sumbul Kec Mendoyo Kab Jembrana Bali. Di bali sendiri mayoritas agamanya hindu. Tapi, di daerah jembrana ini mayoritas nya muslim. Banyak orang tua berharap agar anak- anak nya memiliki dua kemampan sekaligus, tidak hanya kemampuan umum  (IPTEK)  tetapi juga memiliki kepribadian dan komitmen yang tinggi terhadap agamanya ( IMTAQ ) .

Terkait dengan krisis moral yang melanda bangsa kita sudah mulai merambah wilayah akademis seperti kekerasan dimana- mana, demo yang tidak mencerminkan etika dan intelektualnya. Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar mahasiswa. Tampak sikap mereka jauh dari tuntunan agama mereka, untuk mengatasi kondisi tersebut perlu mendapatkan perhatian  terhadap anak muda zaman sekarang melalui pendekatan agama dengan memberikan bimbingan, pemahaman, pendalaman, dan pengamalan nilai2 agama .

belajar membaca Al - quran
belajar membaca Al - quran

Di bali sendiri banyak budaya- budaya asing  yang memberikan dampak positif maupun negative terhadap anak muda tetapi kebanyakan orang mencontoh dampak negatif nya saja.

Contoh cara berpakaian yang ke barat2an , gaya hidup atau life style, dan masih banyak lainnya maka dari itu anak muda zaman sekarang harus dibekali dengan ilmu agama. Itulah sasaran mahasiswa KKN unisma dengan mengajarkan anak2 dari usia dini.

Ide kegiatan mengajar ini terwujud berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM tematik selama kurang lebih sebulan. Dengan melihat kondisi saat ini terkait menurunnya akhlak maupun pondasi agama yang kuat bagi anak muda zaman now. Ini merupakan salah satu program pengabdian unisma.

tetap menjaga protokol kesehatan
tetap menjaga protokol kesehatan

Dan di masa pandemic seperti ini kami tetap  menerapkan protocol kesehatan seperti memakai masker , dan mengajarkan cara mencuci tangan atau berwudhu yang benar.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari warga masyarakat desa yeh sumbul. Bpk  Saihurrahman selaku kepala ummat berharap agar kegiatan ini bisa terus diperhatikan oleh orang tua, guru ngaji, dan masyarakat sekitar agar akhlak dan moral generasi muda semakin baik.

Ia berterimakasih kepada mahasiswa UNISMA malang yang melaksanakan KKN di desanya. 'ilmunya sangat bermanfaat " tegas bpk Saihurrahman.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x