Mohon tunggu...
Silvi Ana
Silvi Ana Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa UNUSA

jadilah orang baik itu sendiri

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Manajemen Waktu Kerja Sambil Kuliah

2 Desember 2021   22:30 Diperbarui: 2 Desember 2021   23:07 136 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Penulis : Silviana 

Kenapa banyak orang memilih kerja sambil kuliah? 

Alasannya sederhana, karena mereka ingin membantu meringankan biaya kuliah yang cukup mahal dan karena adanya keterbatasan biaya sehingga mengharuskan mereka bekerja. 

Kuliah atau Bekerja adalah 2 pilihan yang sangat sulit setelah lulus SMA/SMK. Jika memilih keduanya akan sangatlah sulit untuk mengatur waktu, apabila gagal dalam mengatur waktu maka keduanya akan terbengkalai. Itulah yang saya rasakan sebagai mahasiswa semester 5 di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Saya adalah manusia yang ketika malam hari menjadi mahasiswa dan ketika siang hari menjadi karyawan salah satu perusahaan swasta. 

Apa persoalan yang mereka alami? 

Persoalan yang mereka alami kebanyakan di manajemen waktu. Banyak sekali saya temui mahasiswa tidak bisa meneruskan kuliah dikarenakan terbengkalai waktu dengan pekerjaannya. Dari permasalahan ini kita harus bisa mengatur waktu kita antara kuliah dan bekerja. Apabila kita tidak bisa mengatur waktu kita, maka waktulah yang akan mengatur kita. 

Bagaimana mengatur Manajemen waktu kerja sambil kuliah? 

Konsultasikan atau bicarakan dengan atasan 

Ini adalah langkah awal kalian mengambil kelas kuliah sambil kerja. Kalian harus memberitahukan dan meminta masukan atasan kalian di tempat kerja. Kalian harus menjelaskan kemungkinan baik dan kemungkinan buruk yang terjadi jika kalian ambil kuliah. 

Jelaskan secara rinci terkait jadwal perkuliahan, metode pertemuan belajar, ujian semester, dan sebagainya. Jangan sampai kalian harus bolos dari pekerjaan karena kewajiban perkuliahan tersebut dan sebaliknya. Jika dikomunikasikan dengan baik, bukan tidak mungkin atasan di kantor justru akan mendukung dengan memberikan toleransi pada pekerjaanmu, atau memberikan waktu di sela-sela pekerjaan tanpa memotong gaji. 

Pintar me-manage waktu dan prioritas 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan