Mohon tunggu...
Silvia Khoirunnisa
Silvia Khoirunnisa Mohon Tunggu... KTP

Karya Ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Manfaat Melaksanakan Ibadah Salat

9 Desember 2019   20:41 Diperbarui: 9 Desember 2019   20:54 26 0 0 Mohon Tunggu...

I. PENDAHULUAN

Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah SWT. Didalam agama islam ada rukun iman dan rukun islam sebagai pondasi wajib yang harus dimiliki bagi setiap muslim. Rukun iman itu ada enam, diantaranya iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Nabi, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada Qadha dan Qadar. Dan rukun islam itu ada lima, diantaranya syahadat, sholat, zakat, shaum, dan haji.

Salat merupakan termasuk rukun islam yang kedua, yang sangat memiliki peranan penting bagi umat islam, yang diawali dengan gerakan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Salat yang wajib ada lima waktu, yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya, yang tidak boleh sampai ditinggalkan salat lima waktu itu kecuali dalam keadaan berhalangan seperti haid, dan lain-lain.

Setiap sesuatu yang diwajibkan oleh Allah pasti ada manfaatnya, begitupun setiap sesuatu yang diharamkan pasti ada madhorotnya. Dan begitu juga dengan salat, salat adalah salah satu ibadah yang diwajibkan oleh Allah bagi setiap muslim yang tentunya pasti ada manfaatnya, baik pahala, kesehatan bagi jasmani, maupun rohani. Oleh karena itu, yang wajib jangan sampai ditinggalkan dan yang haram juga jangan sampai dikerjakan kecuali dalam keadaan darurat atau terpaksa.

Penelitian ini akan mengidentifikasi manfaat yang diperoleh dari melaksanakan ibadah salat.

II. MANFAAT MELAKSANAKAN IBADAH SALAT 

Dan salat itu memiliki banyak manfaat jika melaksanakannya sesuai dengan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Manfaat salat dari segi fisik dapat muncul dari hasil gerakan-gerakan yang dilakukan oleh orang yang salat mulai dari mengangkat tangan, ruku', sujud, duduk, berdiri, memberi salam dan gerakan lainnya. Gerakan-gerakan ini sangat mirip dengan latihan olahraga yang disarankan oleh para dokter kepada para pasiennya, karena para dokter mengetahui bahwa gerakan-gerakan tersebut mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. (Ahmad, 2007)

Adapun beberapa manfaat melaksanakan salat bagi kesehatan jasmani diantaranya;

  • Gerakan Takbiratul Ihram yang bisa melancarkan aliran darah dan memperkuat kekuatan otot lengan. Pada saat mengangkat kedua tangan, otot bahu akan meregang sehingga aliran darah menjadi lancar. Dan gerakan tangan didekapkan di atas pusar bisa membuat kita terhindar dari macam-macam gangguan persendian. 
  • Gerakan Rukuk yang bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi tulang dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan saraf pusat. Dan juga rukuk bisa membuat kita tercegah dari gangguan prostat.
  • Gerakan I'tidal bisa menjadi latihan untuk pemanasan atau olahraga.  Dan organ-organ di dalam perut akan terasa dipijat dan pelonggaran secara berganti yang menjadikan pencernaan lebih lancar lagi.
  • Gerakan Sujud yang membuat aliran getah bening terpompa ke bagian leher dan ketiak. Karena posisi jantung di atas menyebabkan oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Dan aliran ini berpengaruh pada kemampuan pikir seseorang.
  • Gerakan Duduk diantara Dua Sujud (Iftirasy) manfaatnya adalah pada saat melakukan gerakan ini badan kita bertumpu pada kedua paha yang menghubungkan dengan saraf nervus Inchiadius, yang posisi ini bisa menghindarkan dari sakit pada betis yang sering membuat orang pegal atau kesemutan. Dan gerakan tawarruk (tahiyyat akhir) bisa menyebabkan seluruh otot kaki yang menjadi meregang dan kemudian menjadi rileks kembali.
  • Gerakan Salam memiliki manfaat untuk merelaksasikan otot yang ada pada sekitar leher dan kepala untuk menyempurnakan aliran darah di kepala, mencegah sakit kepala, dan juga bisa mengencangan kulit wajah. (Tn. 2016)
  • Memperbaiki pekerjaan hati.
  • Memperluas urat arteri dan vena serta menghidupkan jaringan.
  • Mengaktifkan perangkat pencernaan.
  • Menghilangkan perasaan nervous (cemas dan gugup).
  • Menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit dan radang persendian.
  • Menguatkan otot dan menambah kelenturan persendian.
  • Menghilangkan ketegangan dan pengeringan otot serta persendian, juga dapat memperkuat dan melenturkan tulang pengikat.
  • Memperkuat tubuh secara keseluruhan dan membebaskannya dari kerapuhan.
  • Meningkatkan stamina tubuh dan otak.
  • Menambah vitalitas dan aktivitas.
  • Memperbaiki dan menjaga tubuh dari cacat dan perubahan.
  • Mempertajam konsentrasi dan memperkuat hapalan.
  • Membuat diri lebih berani (dalam konotasi positif). (Ahmad, 2007)

Salat itu selain bermanfaat bagi tubuh atau jasmani, dapat juga bermanfaat bagi kesehatan mental atau rohani yaitu;

  • Sebagai obat untuk kesehatan mental, melakukan ibadah salat dapat membuat jiwa seseorang menjadi terasa damai dan tentram
  • Membuat kita tercegah dari gangguan mental, karena pada saat melaksanakan salat dengan khushu dan terus-menerus maka hal itu dapa dihindari, dengan penuh keyakinan akan didengar, dipahami, dan diperhatikan oleh Allah, apapun kesulitannya dalam hidup dapat hilang dan hati bisa merasa tentram. Karena pada saat melaksanakan salat maka hati, pikiran, jiwa akan lebih ikhlas dalam menjalani hidup.
  • Jiwa seseorang akan menjadi segar, jiwa manusia pasti pernah merasakan kekosongan, dengan itu melaksanakan ibadah salat dan do'a terus-menerus bisa membuat kita yang tadi jiwanya kosong berubah menjadi keyakinan, kebahagiaan, dan ketenangan batin
  • Bisa membuat jiwa seseorang menjadi tenang, dengan melaksanakan ibadah salat bisa membuat jiwa menjadi tenang dan damai, dengan tidak adanya tekanan dalam menjalani hidup, rasa takut gelisah bisa menjadi hilang dengan salat dan do'a.
  • Obat yang membuat kita bergairah untuk hidup, salat bisa meningkatkan kita supaya menjadi lebih semangat, dengan melaksanakan ibadah salat dengan tepat waktu, rutin, dan khusyu bisa membuat semua hal menjadi kebaikan dan akan dijauhkan dari hal-hal yang dapat membuat kita menjadi putus asa karena yang penting itu adalah keyakinan dan optImis.
  • Dapat menjadi penyelamat jiwa, ibadah salat bisa membuat kita selamat di dunia maupun di akhirat kelak, maka itu harus melaksanakan ibadah salat dengan sepenuh hatidan ikhlas selalu agar apa yang kita butuhkan dikabulkan oleh Allah.
  • Bisa menjauhkan kita dari hal-hal yang buruk, Allah pasti mendengarkan do'a hambanya, melaksanakan ibadah salat dan berbuat baiklah kepada orang lain karen hidup ini hanya sementara, oleh karena itu bisa membuat kita merasa menjadi bermakna dan penuh kebahagiaan. (Sabarini, 2018)

III. KESIMPULAN

Berdasarkan dari pembahasan karya ilmiah ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa salat yang sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah tidak hanya untuk memenuhi kewajiban saja bagi orang muslim, tapi berbagai manfaat dapat pula kita rasakan seperti yang sudah disebutkan dalam pembahasan sebelumnya. Maka kita harus melaksanakan salat sesuai dengan gerakan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah, agar kita tidak hanya menunaikan kewajiban saja tapi juga merasakan manfaat dari ibadah salat tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x