Mohon tunggu...
Silvester Detianus Gea
Silvester Detianus Gea Mohon Tunggu... "Menulis untuk mengingat, merawat, dan mengabadikan." [Silvester D. Gea]
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pernah menulis buku bersama Bernadus Barat Daya berjudul “MENGENAL TOKOH KATOLIK INDONESIA: Dari Pejuang Kemerdekaan, Pahlawan Nasional Hingga Pejabat Negara” (YAKOMINDO, 2017), Menulis buku berjudul "Mengenal Budaya dan Kearifan Lokal Suku Nias" (YAKOMINDO, 2018). Saat ini menjadi Wartawan komodopos.com (2018-sekarang). Penulis dapat dihubungi melalui email: detianus.634@gmail.com atau melalui Facebook: Silvester Detianus Gea.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Frengky Zega Sicilik Viral dan Yunus Gea

14 Juni 2019   09:16 Diperbarui: 14 Juni 2019   09:53 442 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Frengky Zega Sicilik Viral dan Yunus Gea
(Foto/dok. Istimewa)

Kemajuan lagu-lagu daerah Nias merupakan harapan kita bersama sebagai orang Nias. Salah seorang pencipta lagu-lagu Nias masa kini adalah Yunus Gea. Yunus Gea sebagian besar menciptakan lagu-lagu Nias dari pepatah dan wejangan para leluhur. Lagu-lagu tersebut dapat kita nikmati dalam album S'nada Trio. Patut kita apresiasi langkah yang telah dilakukan  oleh Yunus Gea dalam melestarikan lagu-lagu bahasa Nias dan bahasa Nias pada khususnya. Seperti kita ketahui dunia seni terutama musik pada masa kini mengalami kemunduran dengan munculnya teknologi seperti youtube. Banyak pencipta lagu dan penyanyi yang rugi karena hasil karya mereka dibajak atau diambil tanpa izin oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab.

(Dok. Trans 7)
(Dok. Trans 7)

Dalam sebuah wawancara yang diunggah ke Youtube, Manager S'nada Trio tersebut menyampaikan keprihatinannya akan hal itu. "Yang menjadi musuh kita saat ini youtube. Banyak orang kurang bertanggungjawab yang mengupload lagu-lagu yang kita ciptakan, lalu mereka mengambil keuntungan dari situ," tuturnya kepada AS Gea yang mewawancarainya. Oleh sebab itu Yunus Gea sempat berpikir untuk off dari dunia seni musik. Namun karena dihimbau dan didukung oleh kawan-kawannya maka ia kembali lagi ke dunia seni musik, sehingga ia menciptakan 8 lagu dalam album S'nada Trio. Demi menghindari pembajakan maka Yunus Gea dan S'nada Trio membuat channel youtube bernama S'nada Trio Nias Official. "Kami dari S'nada Trio telah membuat channel youtube bernama S'nada Trio Nias Official untuk menghindari pembajakan," ujarnya.

(dok. Yunus Gea)
(dok. Yunus Gea)

Perjuangan Yunus Gea dalam mempromosikan lagu-lagu Nias tidak sia-sia. Selasa (18/6/2019) salah seorang penyanyi 'cilik' yang dibina oleh Yunus Gea diundang untuk hadir dalam acara Hitam Putih Trans 7. Seperti kita ketahui penyanyi 'cilik' bernama Frengky Zega  sempat viral di media sosial terutama youtube karena suaranya yang enak didengar oleh sebagian besar netizen. Kita patut berbangga bahwa penyanyi dari Nias mulai dilirik ditingkat nasional. Hendaknya moment yang telah terjadi itu menjadi teladan bagi kita untuk mendukung sesama 'ONO NIHA' siapapun dia.

(Dok De Gea, memegang Album S'nada Trio)
(Dok De Gea, memegang Album S'nada Trio)

Yunus Gea yang saya hubungi melalui WA pada pagi (Jum'at 14/6/2019) sangat bersyukur bahwa penyanyi yang ia bina selama ini bisa tampil dalam acara Hitam Putih Trans 7. Ia berharap penyanyi-penyayi Nias ke depannya bisa bersaing di kancah nasional dan internasional."Saya merasa bangga karena penyanyi yang saya bina selama ini dapat tampil diacara Hitam Putih Trans 7," tuturnya**

           

VIDEO PILIHAN