Mohon tunggu...
silvester alvin basundara
silvester alvin basundara Mohon Tunggu... Komunikasi UAJY

UAJY 2018

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Calon Program Studi Baru Program Pascasarjana UAJY

29 Oktober 2020   11:06 Diperbarui: 29 Oktober 2020   11:26 31 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Calon Program Studi Baru Program Pascasarjana UAJY
Sumber: tangkapan layar pribadi

Yogyakarta, (27/10/2020)---Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Program Pascasarjana S-2 sudah mulai membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru. Terdiri dari 7 Program Studi, yaitu: Magister Manajemen, Magister Teknik Sipil, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik Informatika, Magister Arsitektur, Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Teknik Industri

Proses pendaftaran tersebut terbagi dari 4 periode pendaftaram, dimulai dari periode I 1 Oktober -- 5 November 2020, Periode II 9 November -- 3 Desember 2020, Periode IV 7 Desember -- 7 Januari 2020 serta 11 Januari -- 4 Februari 2021.

Memiliki visi menjadi institusi pendidikan pascasarjana yang berjiwa unggul, inklusif dan humanis serta mampu memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. "Saat ini, melalui tim studi registrat serta tim studi kelayakan akan adanya penyesuaian terkait visi program studi S-2 multi disiplin," kata Prof Dr. Ade Lisantono, Direktur Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Menurut Ade, selain penyesuaian visi, tim registrat serta tim studi kelayakan, juga tengah mempersiapkan 5 calon program studi S-2 multi disiplin yang baru, yaitu Kebencanaan, Infrastruktur, Kecerdasan Buatan, Pariwisata dan Ketahanan Pangan.

"Jika kelimanya disetujui oleh  Yayasan, kemudian disetujui oleh Dikti, itu yang akan dikelola oleh pascasarjana, kemudian yang 5 program studi yang sudah ada akan dikembalikan ke fakultas," pungkas Ade.

Jalinan Kerja Sama

Menurut Ade sampai saat ini program pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas luar negeri, seperti Technical University of Ilmenau, Ateneo de Manila University Phillipines, Providence University Taiwan, Kansai University of International Study, Universitas Utara Malaysia, Vietnam National University, Ho Chi Minh City, Gheorge Asachi Technical University of Lasi Rumania, National Cheng Kung University Taiwan, Tokyo City University Japan, Universiti Teknikal Malaysia.

"Bentuk-bentuk kerja samanya yang selama ini sudah berjalan seperti pengajaran kepada mahasiswa dan workshop kepada dosen dari pengajar universitas yang menjalin kerja sama, seperti di Ilmu Komunikasi kedatangan dosen dari Ilmenau, selain itu jika teman -- teman kuliah S-2 di Ilmenau akan mendapatkan gelar dari sana, juga  meraih gelar dari Atma Jaya," tambah Dr. Phil. Lukas S. Ispandriarno, Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Gambar di atas mennunjukkan perolehan akreditasi pada tujuh Program Studi Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Tentang Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta diawali dengan membuka studi Magister Manajemen pada tahun 1993 (berdasar SK Dikti Depdikbud No. 261/DIKTI/KEP/1993), pada awal periode ini hanya disebut sebagai Program Magister Manajemen saja. Unit ini dipimpin oleh seorang direktur dengan dibantu oleh dua orang wakil direktur (bidang administrasi & keuangan serta bidang akademik) dan satu orang ketua program studi. Kegiatan operasional pendidikan dilaksanakan di gedung Bank Lippo, Jl. Jenderal Sudirman Yogyakarta. Karena animo masyarakat makin meningkat untuk masuk di Program Magister Manajemen UAJY, maka ruangan yang tersedia di gedung Bank Lippo tidak memadai lagi, sehingga mulai tahun 1995 kegiatan akademik Program Magister Manajemen dipindahkan ke Kampus Babarsari hingga saat ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x