Mohon tunggu...
Silvanus Eko
Silvanus Eko Mohon Tunggu... Biarawan

Hidup adalah kesempatan, mari gunakan dengan berkarya.

Selanjutnya

Tutup

Love

MANTAN (Manusia dan Tantangan)

12 April 2021   10:54 Diperbarui: 12 April 2021   11:24 46 2 0 Mohon Tunggu...

Berbicara tentang mantan atau putus cinta, merupaan hal yang cukup menarik bagi saya. Hal ini karena hampir semua orang pernah mengalami putus cinta. Putus cinta bukan merupakan perbuatan yang salah, melainkan proses mendewasakan diri agar menjadi pribadi yang lebih dewasa. Putus cinta akan menjadi sebuah kesalahan bila diwujudkan dengan tindakan yang salah, seperti bunuh diri, mabuk-mabukan dan sebagainya. Namun pada dasarnya putus cinta merupakan Tindakan yang tidak salah. Dengan putus cinta kita sadar bahwa kita perlu memperbaiki diri.

            Mantan mengajarkan kepada kita untuk berani menutup lembaran lama, dan membuka lembaran baru. Menutup lembaran lama itu bukan suatu pekerjaan mudah, melainkan membutuhkan usaha, kesabaran, keterbukaan diri, kerendahan hati, dan sebagainya.

  • Usaha. Ada sebuah perjuangan untuk move on dari mantan. Perjuangan semakin sulit bila pacarana sudah sudah lama, misalnya beretahun-tahun. Namun tidak ada yang mustalih bila ada perjuangan, buktinya banyak orang yang bisa move on.
  • Kesabaran. Putus cinta bukan merupakan sesuatu yang gampang apalagi pacaran sudah lama. Maka putus cinta membuat kita semakin sabar menghadapi segala cobaan. Orang yang tidak sabar dalam menghadapi putus cinta maka terjadilah tindakan-tindakan kriminal, mabuk-mabukan, dan sebagainya. Orang yang sabar maka akan mendapat pelajaran yang berharga dari mantan.
  • Keterbukaan diri. Ketika kita membuaka diri, kita semakin mengenal siapa diri kita yang sebenarnya. Semakin kita menutup diri maka semakin sulit untuk move on dangan mantan. Namun Ketika kita membuka diri, hal ini berarti kita sudah bisa melepaskan yang lama dan siap memulai hidup baru.
  • Kerendahan hati. Putus cinta mengajarkan kita untuk rendah hati. Rendah hati berarti bisa menerima mantan sebagai teman atau saudara buakan sebagai sampah. Dengan rendah hati kita saling mendukung satu sama lain, bukan malahan saling membenci. Putus cinta bukan berarti putus hubungan, melainkan putus jalinan kasih antara aku dan dia.  

Pada akhirnya putus cinta menbuat kita menjadi Manusia baru. Manusia yang lebih dewasa dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Manusia yang siap menghadapi tantanggan dalam dunia percintaan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x