Mohon tunggu...
silmidiniah
silmidiniah Mohon Tunggu... Pelajar SMAN 1 Padalarang

Seorang penulis

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Bencana Terjadi, Warga Mengungsi

3 Desember 2019   10:36 Diperbarui: 3 Desember 2019   10:36 0 0 0 Mohon Tunggu...

Akhir-akhir tahun ini indonesia kerap kali diterpa bencana Alam , semua orang tidak dapat mengetahui kapan datangnya bencana ini,karena bencana ini datang secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi  terlebih dahulu.Banyak sekali bencana alam yang terjadi di indonesia diantaranya adalah bencana Angin kencang.

Angin kencang adalah angin dibuat oleh area udara yang dingin secara signifikan akibat hujan, setelah mencapai permukaan tanah, menyebar ke segala arah memproduksi angin kencang. Tidak seperti angin tornado, angin dalam suatu angin kencang diarahkan ke arah luar dari titik di mana menyentuh tanah atau air. (Dikutip dari wikipedia)

Bencana angin kencang ini sering kali  terjadi di indonesia, sudah tercatat dibeberapa daerah yang terkena bencana angin kencang diantaranya adalah  Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa Tepas, Kecamatan Geneng, di Kabupaten Ngawi, Jawa .Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.
Angin kencang ini pun terjadi di kota Batu. Setelah BMKG memprediksikannya ternyata angin kencang ini terjadi karena indonesia sedang memasuki musim pancaroba.di kota Batu angin kencang ini banyak sekali memakan banyak korban,banyak diantara mereka yang terkena luka,adapun yang meninggal dunia,selain itu mereka harus kehilangan tempat tinggal mereka.Hal ini mengakibatkan warga tepaksa untuk mengungsi kurang lebih warga yang tercatat mengungsi sekitar 1216 jiwa.

Upaya yang dilakukan pemerintah yaitu mendirikan posko pengungsian yang dilengkapi dengan tempat medis dan juga dapur,lokasi yang dijadikan tempat pengungsian yang terbanyak adalah posko BPBD yang terletak di jalan raya selecta.Berdasarkan data yang tercatat oleh BPBD ada 5 titik posko pengungsian diantaranya ialah posko BPBD kota batu sebanyak 351 jiwa,rumah dinas walikota 122 jiwa,Balai desa punten 530 jiwa ,balai desa tulungrejo 40 jiwa, dan SDN 1 punten 173 jiwa.(dikutip dari CNN Indonesia)

Upaya pemerintah mendirikan posko pengungsian ini merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi warga yang kehilangan tempat tinggal mereka karena bencana angin kencang ini, setidaknya mereka tidak akan merasa khawatir jika bencana datang lagi secara tiba -tiba.Dan upaya ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengurangi adanya korban jiwa kembali.

Untuk itu warga dihimbau agar selalu waspada dimana pun kita berada,karena bencana tidak bisa kita prediksikan lebih awal. Karena suatu bencana bisa datang kapan saja dan dimana pun kita berada.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x