Mohon tunggu...
Siti Silmi Azzahra
Siti Silmi Azzahra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Saya merupakan pribadi yang tertarik dengan bidang pendidikan juga dunia parenting.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Obrolan Sore Seputar Manajemen Sampah Rumah Tangga Bersama Ibu-ibu PKK RW.04 Desa Cipagalo

16 Agustus 2022   17:39 Diperbarui: 16 Agustus 2022   17:53 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

[Bandung, 28/07/2022] Sosialisasi manajemen sampah rumah tangga dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPI, kelompok 103 di lingkungan RW. 04 Desa Cipagalo, Kec, Bojonsoang, Kab. Bandung. Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program yang diusung oleh kelompok 103 KKN UPI mengacu pada tema yang telah diberikan yakni "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi". Sampah memang selalu menjadi persoalan yang tidak ada habisnya. Banyak permasalahan dari sampah yang dirasakan oleh kita jika tidak dapat mengelola sampah dengan baik, seperti lingkungan yang tercemar, banjir, bau tak sedap, bahkan penyakit pun bisa datang menghampiri kita. Pada tahun 2021, Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) telah mendata sebanyak 299 kabupaten/kota se-Indonesia dan menyebutkan bahwa sumber penghasil sampah terbanyak adalah sampah rumah tangga yakni sebesar 40,9% (https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/). Hampir semua jenis sampah dihasilkan oleh rumah tangga mulai dari sampah organik, anorganik, sampai B3. Oleh karena itu, pentingnya kita menyadari sejak dini akan manajemen sampah rumah tangga yang baik.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Sosialisasi ini disambut baik oleh RW setempat sedari awal. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan bersama ibu-ibu PKK RW.04 Desa Cipagalo yang bertujuan sebagai reminder serta upaya agar masyarakat sadar mengenai pentingnya melakukan manajemen sampah rumah tangga. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sharing, kami saling berdiskusi serta mentransfer ilmu mengenai bagaimana memanajemen atau mengelola sampah rumah tangga yang baik, sudah melakukannya sampai sejauh mana, apa saja hambatan atau kendala yang dirasakan sejauh ini baik secara internal maupun eksternal, dan hal apa yang harus dilakukan ke depannya dalam memanajemen sampah rumah tangga agar dapat menekan angka sampah yang dihasilkan. Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan kader kebersihan di lingkungan RW.04 Desa Cipagalo khususnya dan umumnya kita semua, minimalnya di rumah masing-masing.

Penulis : Siti Silmi Azzahra

Dosen Pengampu Lapangan : Dr. Rozmita D. Y. R. S.Pd.,M.Si.,CSRS.,CSP.,CIISA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan