Mohon tunggu...
Silma Putri Maulina
Silma Putri Maulina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Hai! Aku baru akan memulai untuk menulis semoga media ini bisa mengantarku menjadi individu cendekia yang menginspirasi banyak orang. Salam, Silma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Kelurahan Rejomulyo untuk Cermat dalam Mengelola Keuangan Keluarga melalui Tahapan POAC!

10 Agustus 2022   13:45 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:05 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Ibu-ibu RW 03 Kelurahan Rejomulyo (Dok. pribadi)

Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang (30/7/2022) - Melonggarnya aturan PPKM membuat mobilitas masyarakat semakin meningkat sehingga gairah perekonomian Indonesia pun dirasakan pada pertengahan tahun 2022 ini. Hal tersebut disampaikan pemerintah dalam konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 pada Kamis (02/06). Dari data yang ada telah memberikan kabar baik di tengah transisi pandemi dengan diikuti oleh kebijakan yang adiptif.

Terlebih lagi banyak minat yang dapat dijangkau karena semenjak pandemi masyarakat lebih intens dengan dunia maya. Hal tersebut dapat menjadikan suatu peluang baru yang sangat besar untuk mendapatkan atau memperluas usaha.

Termasuk di Kelurahan Rejomulyo, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam lingkup kelurahan dan rukun warga mulai diadakan kembali. Tentunya ini merupakan kabar baik selain karena kondisi perekonomian warga setempat yang mulai pulih pasca pandemi.

Pelaksanaan Sosialisasi kepada ibu-ibu RW 03 Kelurahan Rejomulyo (Dok. pribadi)
Pelaksanaan Sosialisasi kepada ibu-ibu RW 03 Kelurahan Rejomulyo (Dok. pribadi)

Melihat kondisi tersebut mahasiswa KKN Undip membuat program untuk mengenalkan manajemen keuangan keluarga kepada ibu-ibu di Kelurahan Rejomulyo khususnya di RW 03. Manajemen keuangan keluarga ini berguna untuk memberikan acuan dalam mengelola anggaran rumah tangga.  Urgensi dilaksanakannya kegiatan ini adalah mempertahankan kondisi perekonomian warga setempat yang mulai pulih dan mencegah terpuruknya kembali di momentum pasca pandemi ini.

Penjelasan mengenai manajemen keuangan keluarga disusun oleh Mahasiswa KKN Undip dalam sebuah modul atau booklet. Buku tersebut berupa cetak dan digital yang dapat diakses melalui smartphone, laptop, ataupun komputer hanya dengan sekali sentuhan scan barcode. Materi disusun sedemikian rupa untuk memudahkan peserta dalam memahami isi buku ini.

Gambar Sampul Booklet Manajemen Keuangan Keluarga (Dok. pribadi)
Gambar Sampul Booklet Manajemen Keuangan Keluarga (Dok. pribadi)

Mahasiswa KKN Undip membagikan modul cetak dan memberikan penjelasan secara luring bertempat pada kediaman Ketua RW 03 Kelurahan Rejomulyo pada 30 Juli 2022 lalu. Pada program kerja ini dihadiri oleh ibu-ibu perwakilan dari masing-masing RT yang ada di RW 03. Ibu-ibu dipilih menjadi sasaran peserta sosialisasi ini karena perannya sebagai manajer keuangan di dalam sebuah keluarga. Para peserta tersebut menerima dengan baik adanya program sosialisasi atau pengenalan dan pembagian booklet manajemen keuangan keluarga ini.

Harapannya dengan program kerja "Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga melalui Tahapan POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling)" ikut mewujudkan keluarga yang sejahtera melalui pembuatan anggaran rumah tangga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat.

Penulis: Silma Putri Maulina, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan