Gayahidup

"Pengajian dan Penyuluh"

13 Oktober 2017   17:30 Diperbarui: 13 Oktober 2017   17:36 263 1 0
"Pengajian dan Penyuluh"
tanah-media-tumbuh-59e0955088fc8d413121ff52.jpg

    "Dimana ada kemauan disitu ada jalan", sebuah selogan  yang selalu diungkapkan oleh banyak orang, terutama untuk  memberi motivasi kepada seseorang atau sekelompok orang sasaran berbicara.

Sangat mudah   menyusun sebuah rencana, namun sangat sulit untuk menyatakan sebuah kepastian pelaksanaan dari apa yang direncanakan, terutama tantangan dalam mengumpulkan sekelompok orang menjadi sebuah kebersamaan tujuan.  Sangat banyak ibu rumah tangga yang belum pernah tersentuh dengan penyuluhan bidang pertanian,  karena mereka tidak bergabung dalam kelompok tani di pedesaan.

Sementara geliat petani di pedesaan, banyak kegiatan yang melibatkan kecakapan kerja dari seorang wanita sebagai ibu rumah tangga.  Terkadang menjadi  barisan penghalang dalam peroses pengembangan  sebuah teknologi  baru oleh suami mereka masing-masing. 

Majlis taklim  Pengajian Darussalam Silih Nara Aceh Tengah, meluangkan waktu  untuk mengundang  penyuluh pertanian  sebagai motivator dalam kemajelisan, sekaligus  memberi penyuluhan pertanian  secara sukarela. Para muslimah  calon penghuni syurga  itu sangat antosias mengikuti  peroses penyuluhan yang disampaikan dengan metode  ceramah oleh kepala Balai Penyuluhan Pertanian wilayah setempat.

Alangkah indahnya  perkarangan  rumah bila ditanami dengan berbagai jenis  sayuran,  tentu kita akan  dapat memetik dan menikmati sayur segar setiap pagi. Nah caranya mari kita manfaatkan wadah barang bekas  yang ramah lingkungan dan kantong  poly bag sebagai media tempat bertanam.  "Tanaman Sayuran Memperindah PerkaranganRumah ", adalah  isi ceramah   yang mampu menghalau dan menarik  simpati  seluruh  majlis yang hadir,  kemudian dilanjutkan dengan  penggunaan Bokasi ( bahan organik kaya sumber hayati) yang bertujuan untuk mengurangi  penggunaan   bahan kimia yang mengandung residu  dan logam berbahaya seperti pupuk dan obat-obatan.

perkarangan-indah-59e095a9147f9628973dfc43.jpg
perkarangan-indah-59e095a9147f9628973dfc43.jpg

Ibu pengajian yang bergabung dalam majelis taklim ini, sering mengantuk ketika mendengar tausiyah  yang disampaikan.  Apakah kami sedang ditunggangi mahluk  halus  atau saytan penggoda? tanya seorang ibu.

Kepala Balai yang berperan sebagai pemateri tersenyum,  karena hal yang Gaib  tidak berani fatwa dan komentar.    Namun biasanya mengantuk apabila  lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat, oleh sebab itu disarankan kepada ibu-ibu agar mengkonsumsi makanan yang bergizi  seimbang  seperti  lauk sebagai sumber protein dan  sayuran  sebagai serat  juga berbagai  vitamin  lainnya.

Gerakan  Tanam  sekaligus bimbingan  pemanfaatan perkarangan  ini   disertai demonstrasi    pengisian poly bag   media tanam beberapa jenis sayuran yang cocok  menurut agroklimat  di kecamatan Silih Nara.  Ajang pertemuan  penyuluh dan majelis taklim ini,  turut dibantu oleh Mahasiswa Universitas Siyah Kuala Banda Aceh  yang lagi  melakukan Pengabdian Masyarakat Peraktek Kerja Nyata di kampung Mesjitasal - Rutih.  Salam )*

)*  Penyuluh Pertanian Aceh