Mohon tunggu...
silfiana veni nur safitri
silfiana veni nur safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S1-Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Pengenalan dan Penanaman Sifat Nasionalisme dan Patriotisme Sejak Dini Melalui Video Animasi

23 Mei 2022   13:18 Diperbarui: 23 Mei 2022   13:35 55 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Di era digital saat ini tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat bahkan berbagsa, oleh karena itu tidak bisa dipungkiri perkembangan digital dampaknya bisa sangat luas tidak terkecuali pada aspek nasionalisme dan patritisme warga negara Indonesia, teknologi bisa membawa dampak yang berbeda tergantung dari penggunanya. 

Maka dari itu kita sebagai seorang mahasiswa harus lebih bijak dalam menggunakan teknologi dan unsur-unsur didalmnya seperti media sosial, misalnya kita bisa memanfaatkan perkembangan digital sebagai sarana untuk berkontribusi pada lingkungan sosial masyarakat sekitar.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional yang bertepatan dengan hari Jumat, 20 Mei 2022, saya memanfaatkan media sosial berupa youtube vidio creator animasi Indonesia yang membahas tentang perjuangan para pahlawan dan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah dan meraih kemerdekaan, untuk bahan mengajar pengenalan serta penanaman nasionalisme dan patriotisme kepada para penerus generasi bangsa yang berusia sekitar 7-8 tahun yang sedang belajar Al-Qur'an di TPQ Al-Afif yang berada di lingkungan sekitar saya yaitu Dusun Gading Desa Tugusumberjo RT 005 RW 019 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang , 

Dari video animasi tersebut kemudian dilakukan evaluasi dengan mempertajam pemahaman mereka mengenai kesimpulan dari beberapa video animasi tersebut kemudian mengenalkan dan mengajarkan kepada mereka bentuk-bentuk implikasi dari rasa nasionalisme dan patriotisme, hal tersebut sebagai wujud dari  penanaman rasa nasionalisme dan patrionalisme sejak dini yang sangat perlu dilakukan karena nasionalisme dan patriotism merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap tanah air serta wujud dari menghargai perjuangan para pahlawan. 

Dengan hal tersebut para generasi bangsa akan tumbuh menjadi pribadi yang  berkarakter, berwawasan kebangsaaan serta rasa cinta negara yang tinggi, sehingga dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsa dan negara, dapat mejaga keutuhan persatuan bangsa dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia.

Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengenalkan dan menanamkan sifat nasionalisme dan patriotisme kepada para penerus bangsa. Upaya-upaya tersebut bisa berupa menceritakan sejarah bangsa Indonesia serta perjuangan para pahlawan yang disajikan secara menarik agar tujuan dari kegiatan ini tercapai, salah satu cara yang dipilih yaitu dengan memperlihatkan video animasi yang bercerita tentang sejarah Indonesia serta perjuangan para pahlawan, dengan itu mereka lebih tertarik dan akan lebih mudah dipahami oleh mereka. 

Dengan kegiatan ini harapkan sebagai mahasiswa dapat menerapkan pelajaran Pendidikan kewarganegaraan yang telah didapat  yang dapat memberikan kontribusi dalam lingkungan sosial masyarakat sekitar yaitu berupa munculnya sifat nasinalisme dan patriotisme pada para generasi muda di lingkungan sekita. 

Sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, berwawasan kebangsaaan serta rasa cinta negara yang tinggi, sehingga dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsa dan negara, dapat mejaga keutuhan persatuan bangsa dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan