Mohon tunggu...
Akhmad Ginulur
Akhmad Ginulur Mohon Tunggu...

Professional Brainwaster

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

The Golden Gate To Innovation

13 Agustus 2017   16:22 Diperbarui: 13 Agustus 2017   16:38 813 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Golden Gate To Innovation
2 Icon San Fransisco Dalam 1 gambar

 Bicara mengenai San Fransisco, mayoritas orang Indonesia akan teringat pada dua hal, yaitu Martabak San Fransisco dan Jembatan Golden Gate. Namun sayangnya hanya ada satu obyek yang benar-benar ada di San Fransico, yaitu Jembatan Golden Gate, karena martabak San Fransisco sejatinya berasal dari kota Bandung.

   Belajar Inovasi Langsung Di Kiblatnya

 Pada pertengahan Juli lalu, saya dan 12 rekan lain cukup beruntung diberikan kesempatan oleh kantor untuk mengunjungi "the mecca of innovation and technology", yaitu Silicon Valley. Sebagai pemenang ajang bergengsi " BI Innovation Challenge", kami bertiga belas mengunjungi beberapa pusat inovasi terkemuka dunia untuk menemukan kiat sukses dibalik betapa kreatifnya leading tech company disana: Google, Facebook, Linked In, you name it.

Hal menarik yang bisa saya tarik dari kunjungan tersebut adalah rupanya success factor dari perusahaan tersebut tidak hanya bersumber dari budaya intra perusahaan, namun juga berasal dari kultur lingkungan bay area yang mengelilinginya. Dibandingkan daerah / state lain, daerah semenanjung San Fransisco memang memiliki budaya dan lingkungan yang unik. Cuaca yang sejuk didukung oleh universitas prestise, Stanford Universty, mengundang talent terbaik dari seluruh dunia. Perangai penduduknya yang ramah, suka mengambil risiko dan tidak takut gagal mengakibatkan inovasi tumbuh subur disini.

Menilik Sejarah Inovasi Di San Fransisco

Banyak orang menganggap bahwa kreatifitas dan inovasi di wilayah San Fransisco baru tumbuh subur setelah tech booming di medio 80-an. Namun setelah merasakan langsung kota ini dan berinteraksi langsung dengan penduduknya, saya yakin pendapat itu tidak tepat, kultur Innovasi di San Fransisco sudah tertanam berdekade-dekade sebelumnya. 

Meskipun saya tidak mengetahui secara eksak sejak kapan San Fransisco menjadi sebuah kota kreatif, namun ada sebuah monumen yang menjadi saksi bahwa kultur inovasi setidaknya sudah muncul di San Fransisco tahun awal abad ke 20, monumen itu bernama Jembatan Golden Gate.

Monumen Joseph Strauss Di Dekat Jembatan Golden Gate
Monumen Joseph Strauss Di Dekat Jembatan Golden Gate
 Jembatan Golden Gate pertama kali dikonsepsikan pada tahun 1916 dan proses pembangunannya dipimpin oleh Joseph Strauss. Jembatan ini membentang sepanjang 1,3 Km dan menghubungkan kota San Fransisco dengan "Kabupaten" Marin. Jembatan ini merupakan salah satu landmark utama kota San Fransisco dan didaulat sebagai jembatan suspensi terpanjang di dunia sekaligus salah satu "marvel of the modern world".

Pelajaran Inovasi Dari Jembatan Golden Gate

Banyak yang tidak mengetahui, bahwa dalam pembangunannya, jembatan ini mengalami lika-liku yang sangat kompleks dan melibatkan proses inovasi yang brilian dan secara ajaib mampu merangkum formula sukses berinovasi dari setiap leading tech company yang kami kunjungi di Silicon Valley. Rangkuman pelajaran inovasi yang dapat dipelajari dari Jembatan Golden Gate diantaranya adalah:

Inovasi muncul dari permasalahan dan keterbatasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN