Mohon tunggu...
Sihol Hasugian
Sihol Hasugian Mohon Tunggu... Pembelajar Administrasi Publik; Sport Enthusiast.

Barcelonista Menulis adalah sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Legenda Bulutangkis Indonesia Markis Kido Tutup Usia

14 Juni 2021   22:54 Diperbarui: 15 Juni 2021   00:47 1201 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Legenda Bulutangkis Indonesia Markis Kido Tutup Usia
Pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, saat bertanding melawan Jepang pada Piala Sudirman 2009.(KOMPAS/AGUS SUSANTO)

Berita dukacita, legenda bulutangkis Indonesia Markis Kido meninggal dunia. Kabar meninggalnya Markis Kido ini disampaikan oleh akun Twitter @INABadminton, Senin (14/6/2021)

"Innailahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meningga dunia salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia, peraih emas Olimpiade Beijing 2008, Markis Kido. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Selamat jalan Kido !".

Kabar ini pun sontak mengejutkan para pecinta bulutangkis tanah air. Banyak kalangan yang tidak menyangka kepergian mantan pasangan Hendra Setiawan itu.

Apalagi pada sore hari, Markis Kido diketahui masih aktif di instagram.  Bahkan sebelum menghembuskan nafas, kakak kandung dari Bona Septano itu masih bermain bulutangkis.

Hal ini diketahui berdasarkan pengakuan dari Candra Wijaya.

"Menurut Candra Wijaya, Kido memang terbiasa main setiap Senin di GOR Petrolin, Tangerang. Saat baru bermain set, pas pinda tempat dalam kondisi 15-8, Kido tiba-tiba saja sudah jatuh tidak normal ke depan. Dia mulai tidak sadar. Kido meninggal saat dilarikan ke rumah sakit," demikian pengakuan Candra Wijaya sebagaimana dikutip dari akun Twitter @ainurrohman.

Hendra Setiawan lewat akun instagramnya pun turut menyampaikan dukacita mendalam.

Dalam postingan itu, Hendra mengucapkan terima kasih kepada Kido yang telah jadi teman bermain lebih dari satu dekade.

"Kido salah satu pemain yang luar biasa dan sangat bertalenta. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi partner yang baik buat saya dalam waktu menang atau pun kalah. Terimaka kasih sudah berpartner mulai dari nol dan sama-sama berjuang selama 12 tahun".

Markis Kido pernah jadi salah satu andalan bulutangkis Indonesia ketika masih berpasangan dengan Hendra Setiawan.

Momen Kemenangan Markis Kido/Hendra Setiawan di Final Olimpiade Beijing 2008/Twitter/@ainurrohman
Momen Kemenangan Markis Kido/Hendra Setiawan di Final Olimpiade Beijing 2008/Twitter/@ainurrohman

Prestasi tertinggi di kejuaran dunia bersama Hendra diawali dengan menjuarai World Cup 2006 di Madrid. Kala itu keduanya mengalahkan ganda putra Malasya dua set langsung, 21-18 dan 21-15.

Prestasi itu tidak berhenti di situ, tahun berikutnya, Kido/Hendra berhasil kembali jadi juara di World Championships 2007.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN