Mohon tunggu...
Lamsihar Siregar
Lamsihar Siregar Mohon Tunggu... Foto di salah satu lokasi kerja

S.Kom | HSE iNspector | Pelalawan-Riau

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

6 Hal Menarik dari Afganistan

1 Februari 2018   19:06 Diperbarui: 2 Februari 2018   09:47 3566 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Hal Menarik dari Afganistan
Banyak anak-anak di afganistan tidak sekolah dan mengemis untuk dapat membeli makanan. (wikimedia.org)

Meski kita sering mendengar dan membaca berita tentang afganistan namun belum  tentu kita tahu hal-hal apa saja yang menarik dari negara afganistan. sejak tragedi 11 September 2001 negara afganistan sering kali terbit dalam berita dunia yang biasanya mengabarkan berita yang tidak menarik  seperti tentang perang, teroris dan bom bunuh diri. namun disini telah saya rangkum 6 hal menarik dari negara afganistan.

Berikut enam hal menarik tentang afganistan yang telah saya rangkum dibawah ini.

1. Afganistan Bukan Etnis Arab

Etnis Pashtun, juga disebut pushtun (berbahasa pushtun)dan Etnis Hazara (berbahasa dari)adalah etnis asli penduduk afganistan. bahasa resmi di afganistan adalah bahasa pashtun dan dari.

Etnis Pashtun berasal dari Persia, dan Hazara berasal dari Mongolia.

Gadis Pashtun - Afganistan. dokumen https://mobile.twitter.com/Pukhtoogle/status/858961646869504000/photo/2
Gadis Pashtun - Afganistan. dokumen https://mobile.twitter.com/Pukhtoogle/status/858961646869504000/photo/2
Ciri khas etnis Pashtun dapat mudah terlihat dari bola mata berwarna kehijauan. Etnis pashtun masih memiliki banyak kemiripan dengan orang Persia yang tinggal di Turki dan Iran.

Gadis Hazara - Afganistan. dokumen. http://720p.9ads.mobi/video/watch-Funny-hazara-girl-video/
Gadis Hazara - Afganistan. dokumen. http://720p.9ads.mobi/video/watch-Funny-hazara-girl-video/
Ciri khas etnis Hazara, kulit lebih terang, dan pori-pori kulit yang lebih halus, etnis hazara ini memiliki banyak kemiripan dengan orang mongolia yang tinggal di Rusia dan Cina.

menurut beberapa sumber yang telah saya baca, ada banyak wanita dewasa dan anak-anak afganistan yang mengalami pelecehan seksual dan juga pemerkosaan yang dilakukan oleh tentara AS dan NATO, namun sangat disayangkan karena minimnya tingkat pendidikan dan keamanan di afganistan sehingga sangat jarang korban yang melaporkan atau menuntut, dan tingkat melek huruf penduduk afganistan secara keseluruhan hanya 28 %.

Sebelum tahun 2001 negara ini pernah dipimpin oleh Taliban, dan  sejak kekuasaan Taliban banyak wanita yang tidak berani berbicara kepada pria hingga sekarang dan ini telah menjadi budaya dimana wanita tidak lazim berbicara kepada pria sebelum menikah.

2. Afganistan Bukan Padang Gurun

Hampir seluruh wilayah afganistan adalah tanah pegunungan yang kaya akan sumber mineral seperti: emas, lithium (bahan baku baterai),biji baja, batu permata emerald, berlian, gas bumi dan minyak, yang menurut sumber CNBC.com data mineral yang telah terpetakan itu nilainya lebih dari 3 triliun dolar AS.  bayangkan jika negara afganistan dapat mengelola seluruh sumber daya alamnya. Sementara kekayaan negara Inggris pada tahun 2013 yaitu cuma 1,3 triliun dolar AS dan negara Cina yaitu 1,5 triliun dolar AS. Lihat sumber

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN