Pandemi Covid-19 membawa hikmah bagi guru dan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Lendah. Mereka menyadari bahwa ada sisi positif yang dapat diambil dari peristiwa itu untuk meningkatkan kompetensi diri dalam menyampaikan materi ajar melalui konten digital.Â
Meskipun puncak pandemi telah berlalu dan proses pembelajaran tatap muka berjalan normal, kepala sekolah tetap ingin menyiapkan konten pembelajaran digital yang dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar bagi siswa melalui media internet.Â
Keinginan kepala sekolah diwujudkan dengan menerima program pengabdian masyarakat skema PPM Muhammadiyah dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Skema ini memang bertujuan memberdayakan amal usaha muhammadiyah agar makin mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.
Kepala sekolah, guru dan tim pengabdi sepakat bahwa pelaksanaan pengabdian diarahkan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan guru agar semua guru memiliki kemampuan membuat konten materi ajar digital. Â
Agar siswa tidak bosan dan sulit berkonsentrasi belajar menggunakan konten yang dibuat oleh guru, maka durasi tiap kompilasi video sekitar 10 menit. Oleh karena itu satu kompetensi pada sebuah mata pelajaran dapat terdiri dari beberapa video berseri.
Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2022 mulai jam 08.30 hingga jam 14.00 yang dihadiri oleh 14 guru menggunakan aplikasi Camtasia untuk merekam tampilan desktop dan menyunting video. Materi awal yang disampaikan oleh narasumber yaitu tentang bagaimana menyusun segmentasi video sesuai RPS.Â
Materi berikutnya tentang konfigurasi audio visual pada aplikasi Camtasia, meliputi sumber audio mana dan luas area layar komputer yang akan direkam. Materi ketiga tentang menyunting audio visual untuk memperoleh konten materi ajar digital dengan kualitas yang baik.
Hingga pelaksanaan kepala sekolah berharap agar setelah kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan para guru dapat berkonsultasi kepada tim pengabdi jika menemui kesulitan dalam menyunting video atau menggunakan berkas digital lainnya yang hendak diintegrasikan ke konten materi ajar.