Mohon tunggu...
Sigit Dwi Nugroho
Sigit Dwi Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN-T Integratif UNS Kelompok 261: Pelatihan untuk Penerapan Media Ultrasonik sebagai Sarana Pengusiran Hama Tikus di Sawah

19 Agustus 2022   20:04 Diperbarui: 19 Agustus 2022   20:07 119 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KKN TEMATIK INTEGRATIF UNS Kelompok 261: Pelatihan Untuk Penerapan Media Ultrasonik Sebagai Sarana Pengusiran Hama Tikus Di Sawah.

Desa Patalan - Kamis (26/7/2022) pukul 09.00 WIB, mahasiswa KKN Tematik UNS 2022 Kelompok 261 bertempat di Kantor Desa Patalan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi melaksanakan pelatihan untuk menerapkan media ultrasonik sebagai sarana pengusiran hama tikus di sawah.

Sebagian besar masyarakat di Desa Patalan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi  berprofesi sebagai petani. Kondisi alam yang mendukung seperti letak desanya yang berlokasi pada kaki gunung Lawu, membuat potensi dari hasil panen petani pada Desa Patalan sangat besar. Selain itu, masyarakat petani pada Desa Patalan cenderung memiliki minat yang tinggi dalam mengolah dan menjaga hasil panennya. 

Akan tetapi, sejak dua tahun terakhir hasil panen dari petani desa Patalan menurun akibat merebaknya hama tikus yang belum dapat teratasi. Jika tidak segera dicarikan penanganannya hal tersebut dapat merugikan para petani yang sawahnya diserang hama secara berkepanjangan. 

Sebenarnya sudah dilakukan beberapa usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengatasi hama tikus di desa Patalan ini seperti menembak dan meracuni hama tikus tersebut, namun usaha tersebut dinilai kurang efektif dikarenakan tikus belum dapat dikendalikan dengan penyelesaian tersebut.

Melalui kegiatan KKN Tematik UNS (Universitas Sebelas Maret) 2022 bersama bapak Sukarlan, selaku kepala desa Patalan kelompok KKN UNS 261 berdiskusi langsung mengenai permasalahan di bidang pertanian yang sedang terjadi terutama mengenai permasalahan hama tikus yang sedang dialami petani desa patalan.

Pada akhirnya ditemukan ide yaitu penerapan Ultraviolet & Ultrasonic (UVUS) sebagai sarana mengurangi hama tikus. Ultraviolet & Ultrasonik merupakan penggabungan dari 2 (dua) teknologi pengontrol hama yang ramah lingkungan dengan sumber energi terbarukan dari panel surya (teknologi yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik) yang dihadirkan oleh Ecokarsa.

dokpri
dokpri

Program yang diterapkan oleh Kelompok KKN Tematik UNS 261 yaitu untuk menerapkan media ultrasonik sebagai sarana pengusiran hama tikus di sawah dilakukan dengan mengadakan sosialisasi yang dilakukan di balai desa patalan pada 26 Juli 2022 dengan mengundang perwakilan petani dari tiap dusun agar mengetahui cara kerja dari alat Ultraviolet & Ultrasonic (UVUS). 

Kemudian setelah selesai sosialisasi mengenai cara kerja dari alat Ultraviolet & Ultrasonic (UVUS) dilakukan pemasangan Ultraviolet & Ultrasonic (UVUS) untuk mengurangi hama tikus di sawah petani desa patalan. Pemasangan dilakukan di sawah dari salah satu petani desa Patalan dengan jangkauan 100m2 (Seratus meter persegi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan