Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Berbagi Pengalaman Jadi ASN di Lingkungan TNI

19 November 2023   15:01 Diperbarui: 21 November 2023   12:35 613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat Menerima Penghargaan dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman (Tahun 2022) | Dokumentasi pribadi

ASN bekerja di Lingkungan TNI? Apakah kariernya dapat berkembang? Apakah tidak kalah atau di dominasi oleh personel Militer? Bagaimana perlakuannya di lingkungan TNI? Bagaiman kesejahteraannya? Bagaimana kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan?

Apakah seminor pikiran banyak orang dan banyak pihak bahwa ASN di lingkungan TNI itu lingkungannya keras karena bersinggungan dengan militer?

Yang jelas berdasar Perpang TNI No/45/VII/2008 tanggal 21 Juli 2008 terdapat pernyataan, bahwa ASN/PNS di Lingkungan TNI adalah komplemen yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari personel TNI atau dalam artian antara PNS dan Militer memiliki kedudukan yang sama atau kesetaraan.

Kemudian untuk menjawab apa yang sebelumnya saya sampaikan tadi, maka akan saya tuangkan berdasarkan pengalaman saya yang hampir 20 tahun ini bekerja di lingkungan TNI khususnya di TNI Angkatan Darat.

Memang sih awalnya saya tidak berminat jadi ASN TNI, bahkan tahu pun tidak, saya tahunya ketika ayah saya menawarkan saya untuk mendaftar seleksi ASN di TNI. Tentu saya awalnya menolak. Tapi ketika sudah saya survei kurang lebihnya bagaimana sih ASN TNI itu akhirnya minat dan niat saya tumbuh, akhirnya saya pun ikut seleksi

Alhamdulillah saya lulus, terhitung mulai tanggal 1 Desember 2003 saya menerima Surat Keputusan CPNS di lingkungan TNI Angkatan Darat dengan Pangkat Penata Muda III/a dari jalur S1. 

Penempatan awal adalah di satuan kerja Ajendam VI/Mlw. Karena masih CPNS, penghasilan yang diterima waktu itu adalah 75% yaitu dikisaran Rp680.000.

Lantas apa setelahnya saya jadi CPNS?

Ternyata untuk menyandang status PNS saya harus menempuh pendidikan dan pelatihan sebagai bekal nantinya saya berdinas di lingkungan TNI. Ada dua pendidikan yang harus saya jalani yaitu Diklat Prajabatan dan Diklatsarmil.

Inilah jenjang pembinaan pertama karier ASN TNI. Dalam Diklat Prajabatan saya dan rekan-rekan lainnya dibekali berbagai ilmu pengetahuan tentang seluk beluk bekerja sebagai ASN. Agak berbeda adalah ketika saya menjalani Diklatsarmil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun