Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Ketika "Dia" (Customer) Berpaling ke yang Lain, Harus Bagaimana?

29 Januari 2023   17:00 Diperbarui: 31 Januari 2023   05:08 924
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips membangun hubungan baik dengan pelanggan | Sumber gambar: CandyRetriever 

Sebagai pengusaha, termasuk marketing ataupun sales, bagaimana kira-kira Anda merawat "Si Dia" (para customer) Anda? 

Apa yang harus diterapakan ketika "Si Dia" (para customer) berpaling ke yang lain alias jatuh ke pelukan kompetitor? 

Apalagi para customer Anda ini adalah para customer kelas "kakap" dan rajin "membeli" produk Anda.

Nah, kalau begini, tetapkah mereka diperjuangkan untuk tetap menjadi customer Anda, apakah Anda akan berupaya merebut mereka dari pihak kompetitor tersebut?

Ya, yang namanya dunia bisnis itu persaingan pasti ada, saling rebut pangsa pasar, saling rebut customer berlaku halal dengan berbagai cara.

Nah, sebagai pengelola usaha radio, situasi ini pernah penulis hadapi dan tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penulis untuk setidaknya berani "bertempur" dan "menggempur" para kompetitor.

Apalagi "rebutan kue" dalam bisnis radio ini sudah hampir seperti hukum rimba, tak pelak sikut sana sikut sini demi mendapat customer kakap pun menjadi hal yang wajar.

Yah, mau gimana lagi, kondisi disrupsi media sudah begitu sengitnya mendampaki usaha radio, sehingga mau enggak mau ya tega-tegaan.

Baik, kita kembali lagi soal customer yang direbut ataupun berpaling ke para kompetitor, bagaimana penulis mengambil langkah? 

Ilustrasi gambar merawat customer | Sumber Foto: Freepik.com
Ilustrasi gambar merawat customer | Sumber Foto: Freepik.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun