Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Ini 3 Langkah Penting Mencapai Kesepakatan dalam Diskusi Tim Kerja

21 Januari 2021   13:12 Diperbarui: 22 Januari 2021   10:34 1351 72 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 3 Langkah Penting Mencapai Kesepakatan dalam Diskusi Tim Kerja
Sumber ilustrasi gambar via Uptown.id

Mencapai suatu kesepakatan bersama ataupun kesepakatan kelompok dalam diskusi tim kerja bukanlah perkara mudah dan menjadi tantangan tersendiri.

Sebab, perbedaan-perbedaan pendapat dan penyampaian aspirasi para anggota tim kerja dalam forum diskusi, akan sangat mempengaruhi terkait keputusan apa yang bisa diambil tapi keputusan tersebut dapat disepakati secara bersama oleh tim kerja.

Bahkan, sering sekali terjadi, diskusi tim kerja yang seharusnya bisa menyatukan perbedaan pendapat, justru berdampak buruk, karena berujung konflik, dan akhirnya tim kerja malah jadi tidak kompak, pecah kongsi, bahkan hingga terjadi kubu-kubuan akibat dari gagalnya forum diskusi tim kerja untuk mencapai kesepakatan bersama.

Pada umumnya hal ini terjadi disebabkan karena, leader tim kerja yang seharusnya bisa memimpin jalannya diskusi dengan baik, ternyata tidak kompeten layaknya macam ompong.

Leader tidak dapat membawa forum diskusi dengan baik, bahkan malah jadi terbawa memihak, terkesan berat sebelah, hingga jadi otoriter.

Sehingga ketika ada yang terlalu dominan bicara dalam forum diskusi, atau ada yang terlalu idealis dengan pendapatnya sendiri dan sejenisnya, justru leader tim kerja gagal dalam mengatasinya, gagal menetralisir dan mengendalikan diskusi tim kerja.

Di sinilah juga sejatinya begitu sangatlah tampak, bagaimana sebenarnya teramat penting dan krusialnya peran seorang leader tim, sebagai pemimpin diskusi dalam suatu diskusi pada tim kerja.

Oleh karenanya, leader tim yang bertindak juga sebagai pemimpin diskusi harus wajib memiliki kompetensi yang baik dalam memimpin forum diskusi.

Sebab, pemimpin diskusi adalah yang menjembatani dan mengantarkan seluruh pendapat-pendapat ataupun aspirasi dari para anggota tim kerja kepada forum diskusi, agar dapat diperoleh kesepakatan bersama atau kolektif.

Lalu, bagaimana sih kira-kira langkahnya, agar seorang leader sebagai pemimpin diskusi dapat memimpin forum diskusi tim kerja dengan baik?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN