Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pentingnya Soliditas dalam Team Work

6 Januari 2020   17:14 Diperbarui: 6 Januari 2020   17:29 1332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar | Dokumen hipwee.com

Perjalanan suatu organisasi tentunya bertitik tumpu juga pada berhasil atau tidaknya seorang pemimpin dalam menjalankan roda organisasi dan membentuk tim kerja yang solid.

Pemimpin dituntut untuk dapat  mempersatukan orang orang yang berada didalam organisasi dan membawa organisasinya untuk menjadi organisasi yang kuat dengan tim yang solid.

Banyak kita temukan ketika sebuah organisasi harus tumbang karena pimpinannya salah langkah karena gagal membentuk tim kerja yang solid.

Oleh karena itu, antara pemimpin dan individu organisasi lainnya adalah satu tim yang tak bisa dipisahkan.

Semoga sedikit tulisan yang terbatas pada organisasi dalam skala lingkup kecil ini bisa menjadi saran dan masukan, dalam rangka bagaimana pemimpin organisasi membangun tim kerja yang solid.

Untuk menciptakan tim yang solid, sangat diperlukan hubungan yang harmonis dan mantap, antara pemimpin dan antar individu lainnya didalam organisasi.

Maka dari itu, yang perlu dikembangkan adalah atmosfir atau suasana yang kondusif dalam menjaga relasi interpersonal antar individu didalam tim.

Sehingga pemimpin organisasi wajib membangun interpersonal yang kokoh, dan juga mendorong suasana kerja dan kinerja yang saling mengisi kekurangan antar sesama anggota tim untuk saling menunjang, bukannya untuk saling menyalahkan atau menjatuhkan.

Menciptakan suasana kerja dengan dasar saling menghargai dan saling percaya antar individu, untuk tercapainya suasana bahwa setiap individu didalam tim itu memiliki peranan yang penting dan memiliki peran masing-masing yang berbeda dan saling menguatkan dalam tim, sehingga akan menghasilkan suasana yang bersahabat.

Pada proses berikutnya maka tinggal bagaimana seorang pemimpin menguatkan dan membangun Attitude yang di miliki masing masing individu dalam rangka mencapai keberhasilan kerjasama secara tim tersebut.

Maka dari itu, proses saling menghargai dan mempercayai, juga harus senantiasa dipupuk serta dikembangkan sebagai atmosfir positif yang mampu menciptakan Attitude positif dalam mencapai tujuan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun