Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pentingnya Mitigasi dan Kontinjensi Dalam Sendi Kehidupan

5 Agustus 2019   18:33 Diperbarui: 5 Agustus 2019   18:40 755 21 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mitigasi dan Kontinjensi Dalam Sendi Kehidupan
Ilustrasi macam macam bencana | Dokumen gambar helpshared.com

Secara umum posisi Indonesia yang berada dikawasan cincin api gerak lempeng dunia, memberikan dampak yang sangat besar mengenai potensi kerawanan dan ancaman bencana alam.

Selain itu, secara khusus kedalam, potensi kerawanan dan ancaman bencana lainnya juga menjadi potensi ancaman yang bisa sewaktu waktu timbul dan terjadi tanpa dapat di prediksikan.

Maka dengan adanya potensi-potensi ancaman tersebut diatas, didalam sendi kehidupan tentunya sangat menjadi penting sekali adanya Mitigasi dan Kontijensi.

Mengapa hal ini sangat perlu dan penting sekali dilakukan?

Mitigasi secara umum dapat dijabarkan sebagai serangkaian upaya untuk mengurangi resiko peristiwa atau bencana seperti bencana alam, musim kemarau hingga kekeringan berkepanjangan, gangguan wabah penyakit, gangguan massal teknologi atau jaringan dan sebagainya.

Upaya Mitigasi juga dapat dilakukan melalui pembangunan fisik yaitu membangun infrastruktur yang dapat bertahan atau mengantisipasi dari kerawanan bencana seperti,

Membangun struktur bangunan yang tahan gempa, Tidak membangun rumah atau gedung di area bibir pantai yang memiliki potensi Tsunami, Membangun teknologi semacam pagar betis atau turap untuk antisipasi Tsunami, ataupun membangun sistem alarm steeling peringatan dini gempa dan Tsunami, memberantas virus atau bakteri penyakit dan sebagainya.

Selain itu perlu juga dilakukan rangkaian upaya non fisik mitigasi seperti penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana melalui sosialiasi, memberikan wawasan dan pengetahuan ataupun himbauan yang intens seperti memberikan pemahaman dan kemampuan dalam menganalisa serta ketanggapan dalam mengantisipasi ancaman yang mungkin timbul, memberikan terapi mencegah traumatik dan sebagainya.

Kontinjensi adalah suatu keadaan yang masih diliputi oleh ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya suatu kondisi pada suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

Sehingga upaya atau tindakan kontijensi dapat dijabarkan adalah merupakan upaya atau tindak lanjut berikutnya untuk mencari solusi dan jalan keluar apabila dihadapkan peristiwa dan ancaman tersebut telah terjadi seperti misal peristiwa tsunami dan gempa yang sudah terjadi harus ada tindak lanjutnya, atau peristiwa gangguan teknologi yang terjadi seperti padamnya listrik, atau putusnya komunikasi harus segera diatasi.

Hal ini juga dapat menjadi referensi dan pembelajaran serta pengalaman, untuk melakukan tindakan antisipatif apabila peristiwa atau kejadian dapat terjadi berulang ataupun sewaktu-waktu kedepan terjadi akibat bencana atau bisa karena akibat internal lainnya.

Kemudian untuk upaya kontinjensi secara fisik dan non fisik juga berlaku sama seperti tindakan Mitigasi meskipun yang membedakannya adalah peristiwa sudah terjadi biasanya tindakan tersebut seperti pembangunan kembali infrastruktur, tindakan bantuan pada pengungsi, dan sebagainya

Tentunya upaya tindakan Mitigasi dan Kontinjensi banyak diperankan oleh pemerintah, maka seyogyanya pemerintah harus dapat optimal dan semaksimalnya mewujudkan keamanan, keselamatan, kepercayaan dan ketenangan warganegara dari segala macam bentuk potensi ancaman apapun ataupun memberikan solusi yang tepat dan terpercaya demi melayani, melindungi dan menjaga hajat hidup seluruh tumpah darah Indonesia.

Disamping itu perlunya juga peran serta warganegara mendukung berbagai upaya pemerintah tersebut, baik inisiatif dari dalam sendiri ataupun mengikuti dengan taat apa yang telah di himbau dan di aplikasikan oleh pemerintah dalam upaya Mitigasi dan Kontinjensi.

Oleh karena itu, berlatar dari potensi dan kerawanan bencana yang banyak terjadi di Indonesia seperti gempa bumi, tsunami, banjir bandang, tanah longsor,  gangguan massal teknologi dan sebagainya atau gangguan internal lainnya

Maka seluruh bangsa Indonesia ini, baik pemerintah maupun warganegara tanpa terkecuali harus perlu dan sangat penting menerapkan upaya serta tindakan Mitigasi dan Kotinjensi didalam sendi kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Sigit.

VIDEO PILIHAN