Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Jadikan pekerjaan itu seni&hobi.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Pentingnya Menjadi Karyawan "Irreplaceable dan Compatible"

18 Juli 2019   21:44 Diperbarui: 19 Juli 2019   21:05 0 11 5 Mohon Tunggu...
Pentingnya Menjadi Karyawan "Irreplaceable dan Compatible"
Ilustrasi karyawan irreplaceable dan compatible (Sumber: gailmorganstyle.com)

Dalam dunia kerja di perusahaan, suasana kompetisi antar rekan kerja pasti akan selalu ada. Kompetisi dengan persaingan yang nyata melalui kinerja masing-masing bahkan persaingan keras dengan saling menjatuhkan dengan berbagai cara pun bisa terjadi demi mendapat tempat yang terbaik di perusahaan.

Namun dalam menghadapi persaingan ini seorang karyawan tidak perlu khawatir, karena setiap perusahaan tentunya memiliki standarisasi dan kebijakan tersendiri dalam memberikan penilaian kerja setiap pegawai atau karyawan staf sesuai kulitas masing-masing.

Akan tetapi tidak juga seorang karyawan untuk mempertahankan eksistensinya di perusahaan hanya berdiam diri saja, harus tetap mengedepankan kualitas diri dan menambah wawasan, keahlian, kemampuan serta daya saing diri dengan menjadi karyawan yang irreplaceable dan compatible.

Ilustrasi Gambar Karyawan | Dokumen Gambar Moneysmart.id
Ilustrasi Gambar Karyawan | Dokumen Gambar Moneysmart.id
Terkait hal tersebut, penulis ingin sedikit membagi pengalaman bagaimana menjadi karyawan yang irreplaceable (tak tergantikan) dan compatible (cocok/serba bisa/menguasai berbagai bidang) agar tetap eksis di perusahaan.

Seorang karyawan yang irreplaceable dan compatible di perusahaan akan sangat memberikan impact (dampak) yang sangat besar bagi sebuah perusahaan.

Mengapa bisa begitu?

Sebuah perusahaan bisa jadi akan goyah, pincang, timpang ataupun jomplang tanpa adanya karyawan tersebut karena tidak ada yang mampu menggantikan perannya dan cocok ditempatkan pada posisi karyawan tersebut di perusahaan.

Karyawan yang irrepleaceable dan compatible pastinya adalah orang yang memiliki kemampuan multi talenta. Selain posisinya yang tak tergantikan, di manapun ditugaskan dan ditempatkan karyawan ini akan mampu mengerjakannya.

Perusahaan akan sangat bergantung pada karyawan tersebut dalam mengembangkan bisnis usaha dan bisnis lainnya, bisa dipastikan sebuah perusahaan akan sangat terpukul dan pusing tujuh keliling bila suatu ketika karyawan tersebut harus resign atau pindah ke perusahaan lain.

Tak pelak lagi dengan berbagai cara dan upaya, perusahaan akan merayu karyawan tersebut agar tetap bertahan di perusahaan, misalkan dengan mencari tahu alasan kepindahannya atau menspionase berapa besaran gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tetangga yang berani menculik karyawannya tersebut.

Tentunya kalau sudah begini kualitas, nilai dan harga jual karyawan akan semakin tinggi, boleh-boleh saja karyawan negosiasi meminta penghasilan yang besarannya lebih tinggi dari besaran penghasilan yang ditawarkan perusahaan tetangga kalau perusahaan tersebut ingin tetap mempertahankannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN