Mohon tunggu...
Sifa Nur Safitri
Sifa Nur Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Fisika - Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Berkenalan dengan Marketplace: Solusi Efektif Bisnis Online

19 Desember 2021   20:24 Diperbarui: 19 Desember 2021   21:30 513 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: brushyourideas.com

Oleh: Dr. Ir. Vina Serevina, MM., dan Sifa Nur Safitri, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2021.

Marketplace adalah sebuah platform pemasaran produk secara elektronik, dapat berupa situs web atau pun aplikasi yang memudahkan banyak penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi secara online satu sama lain. Pesatnya perkembangan teknologi informasi melatarbelakangi munculnya marketplace ini.

Bagi para pelaku usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) adanya marketplace dapat mempermudah mereka untuk berjualan, karena yang mereka perlukan hanyalah memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk yang ditawarkan seperti informasi produk, harga, pengiriman, dan lainnya tanpa harus menyewa tempat untuk menjual produknya. Alhasil, marketplace ini dijadikan sebagai solusi efektif untuk bisnis online bagi sebagian besar pelaku usaha. 

Namun, sebelum membuka toko bisnis online di marketplace, para pelaku usaha harus mempelajari secara menyeluruh tentang marketplace seperti fungsi, manfaat, kelebihan dan bagaimana cara untuk memulai bisnis online di marketplace, serta kerugian jika tidak berjualan di marketplace.

Berkenalan dengan Fungsi dan Manfaat Marketplace

Fungsi dan manfaat marketplace yang harus dipahami ketika menggunakan marketplace untuk berbisnis online adalah sebagai berikut,

1. Sebagai tempat berkumpulnya pembeli

Marketplace dapat digunakan sebagai salah satu tempat berkumpulnya pembeli dari seluruh kota di Indonesia. Karena itu, berkat adanya marketplace penjual tidak lagi kesulitan lagi dalam mencari calon pembeli.

2. Sebagai perantara antara antara pembeli dan penjual

Melalui marketplace, penjual hanya perlu menunggu dan melayani pembeli karena marketplace telah menghubungkan mereka secara langsung.

3. Sebagai relasi antar seorang pedagang dengan pedagang lain

Marketplace dapat digunakan untuk memperoleh hubungan antar seorang pedagang dengan pedagang lain baik untuk bertukar informasi tentang produk yang dijual maupun untuk menjalin hubungan kerjasama.

4. Sebagai media iklan gratis

Marketplace dapat digunakan sebagai media iklan gratis bagi penjual untuk lebih berhemat ketika ingin memulai usaha.

Menyadari Kekuatan Marketplace

Marketplace memiliki banyak keunggulan yang dapat diandalkan untuk menjelaskan mengapa marketplace menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pendapatan bisnis online, antara lain:

1. Lebih Mudah Memulai dan Mengelola

Dalam memulai dan mengelola bisnis menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Selain itu, penjual dan pembeli dapat menggunakan marketplace dengan mudah karena user-friendly.

2. Menghemat Biaya

Menggunakan marketplace dapat menghemat biaya, dan penjual juga tidak perlu membayar akomodasi (sewa tempat).

3. Tidak Perlu Khawatir Kehilangan Konsumen

Pembeli dapat dengan mudah menemukan produk yang akan dijual, sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas.

4. Memperluas Relasi

Melalui marketplace, penjual dapat saling bertukar informasi antar sesama sehingga membuka peluang bisnis di masa depan.

5. Fitur dan Regulasi yang Baik

Fitur atau regulasi yang dimiliki marketplace dapat meningkatkan reputasi dan keamanan toko-toko yang berjualan di marketplace. Fitur yang didapatkan saat membuka bisnis online di marketplace adalah asuransi, integrasi pembayaran, promosi, joint account, dan verifikasi toko. Ditengah sengitnya persaingan antar toko, kepercayaan pembeli untuk membeli suatu produk sangat dipengaruhi oleh fitur reputasi dan verifikasi toko.

6. Dapat Memonitor Perkembangan Bisnis

Berapa banyak pembeli yang berkunjung, jumlah respons pembeli, dan jumlah pembeli dapat diketahui melalui fitur insight yang terdapat di beberapa marketplace. Dengan memonitor perkembangan bisnis, dapat dilakukan evaluasi produk, strategi pemasaran yang dapat diterapkan, atau bahkan dapat mengetahui efektivitas dan kinerja pengelola marketplace.

Berkenalan dengan Cara Mendaftar Bisnis Online di Marketplace

Untuk menjadi penjual di marketplace, yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi atau membuka situs web marketplace yang dipilih sebagai tempat untuk berjualan melalui handphone atau pun komputer, kemudian mendaftar sesuai dengan prosedur yang diberikan oleh marketplace tersebut. Jika telah terdaftar, akun marketplace yang diperoleh dapat dikelola di mana saja dan kapan saja.

Menyadari Kerugian Jika Tidak Berjualan di Marketplace

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan