Mohon tunggu...
Gayahidup

Mengenal Alexa yang Bisa Dijadikan Asisten Virtual Rumah Tangga

15 Agustus 2017   17:12 Diperbarui: 15 Agustus 2017   17:52 4553 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Alexa yang Bisa Dijadikan Asisten Virtual Rumah Tangga
Sumber: express.co.uk

Mau kenalan dengan Alexa yang pintar dan disebut-sebut menjadi assinten smarthome yang sangat berguna dan peka? Sebenarnya Alexa adalah situs yang menyediakan sarana, untuk mendapatkan informasi tentang peringkat suatu situs, dan termasuk anak perusahaan dari Amazon.com. Karena ia  sebenarnya mengetahui apapun tentang data pencarian, yang biasa nya di search oleh para peselancar internet, dan semua itu akan dikirimkan dan diterima oleh Alexa.

Memang tujuan utama saat didirikan adalah untuk menjadikannya sebuah penyimpanan data, seperti layaknya sebuah perpustakaan. Dari situlah, mengapa mereka bisa tahu persis trafic web perusahaan beserta ranking mereka, mau itu dalam suatu negara atau global. Dan pada tahun 2014, alexa mulai memberikan data trafic dan rangking tersebut kepada pelanggannya yang ingin tahu tentang perkembangan mereka.

Lalu, baru kita mengenal apa itu Amazon Echo. Merupakan suatu perangkat speaker bluetooth yang diselipkan sistem Alexa didalamnya. Inilah mengapa Amazon Alexa bisa diajak mengobrol dan menjawab berbagai pertanyaan. Tak hanya itu saat kita menanyakan cuaca hari ini, berita, atau informasi terkini ia akan menjawab dengan isi yang terapdate. Karena Alexa terus memperbarui lewat cloud Amazon.

Tidak hanya dapat menjawab pertanyaan atau memberi informasi, ia juga bisa menerima perintah pemiliknya. Selama perangkat yang akan dituju Amazon Echo ini terhubung WiFi, ia akan menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Semisal, smarthome Anda menggunakan lambu otomatis dan wireless, Anda hanya harus mengatakan "Alexa, turn off the light" maka lampu akan mati dengan sendirinya.

Saat ingin berbicara dengannya kita tidak perlu mendekatkan mulut kita kearahnya, karena ia akan mendengar perintah dengan range yang sangat luas. Cara kerja Amazon Echo dengan memanfaatkan koneksi WiFi dan listrik. Dan penggunanya hanya perlu memanggil nama cantiknya yaitu Alexa. Dan yang lebih kerennya lagi, saat Alexa ini sedang menjalankan musik, ia akan tetap menerima perintah suara dari sang pengguna.

Bahkan kini Alexa juga bisa dipasangkan dengan robot vacuum cleaner. Tak perlu lagi menggunakan remot, majikan dari kedua perangkat ini dapat menjalankan, menjeda, bahkan juga bisa menyuruhnya pulang ke dok pengisian ulang, dengan hanya satu kali perintah suara. Semakin canggih dan penggunanya semakin dimanja dengan  teknologi. Jadi, lebih banyak waktu luang untuk bersantai dan bermalas-malasan, tanpa perlu lagi bangun dari tempat berbaring, dan hanya tinggal suruh alexa yang mengontrolnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan