Mohon tunggu...
SH Tobing
SH Tobing Mohon Tunggu... Berbagi Untuk Semua | shtobing@gmail.com | www.hallothere.net

Ingin berbagi pengalaman dan pemikiran serta terus membaca untuk memperkaya wawasan. Kompasiana menjadi tempat yang ideal untuk berbagi pengalaman dan ide selama saya diberi kesempatan berkarya di dunia | Have a nice day! | https://www.hallothere.net/kesehatan-dan-hobby-health/mengajar-itu-asyik/

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Google Down? Kenapa Takut?

19 Desember 2020   11:58 Diperbarui: 21 Desember 2020   05:31 635 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Google Down? Kenapa Takut?
ilustrasi pelalyanan Google. (sumber: cnet.com via kompas.com)

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Segala sesuatunya bisa hancur dan lenyap. Oleh karena itu jangan pernah takut apabila ada sesuatu ciptaan manusia yang akan hancur dan leyap, sebagaimana google sendiri.

Google, termasuk dengan Chrome, Gmail, Youtube dan semua yang terkait dengan google,  atau apapun ciptaan manusia bisa hancur hari ini, besok, lusa atau entah kapan. Tetapi semuanya adalah pasti.

Kehancurannya google pasti akan membuat goncangan besar, bahkan sangat besar. Bahkan gangguan pada google saja yang tidak separah kehancurannya, pasti akan membawa goncangan dan kerusakan besar, kerugian finansial dan berbagai kerugian lainnya.

Karena pasti akan terjadi, walau kita tidak tahu kapan dan apa penyebab terjadinya google down, maka jangan sekali-kali kita menjadikan google sebagai satu-satunya andalan kita. Sehingga jangan kita menjadikan google sebagai satu-satunya sarana dan prasaran bisnis dan kegiatan kita lainnya.

Jangan kita menjadikan google sebagai harapan satu-satunya "kehidupan" kita, cari alternatif lain, yang mungkin tidak sehebat dan sestabil google, namun tetap dapat kita andalkan sebagai alternatif kedua, ketiga dan keempat.

Dengan cara itu kita telah menyebarkan risiko, sehingga tidak menumpuk di google. Namun apakah ini sudah cukup aman bagi kita, terutama bagi bisnis kita? Jawabnya adalah belum aman bila suplier bisnis kita masih mengandalkan google untuk setiap kegiatan bisnisnya.

Bisnis kita tidak mungkin hidup tanpa suplier, oleh karena itu ingatkan suplier anda untuk memiliki alternatif kedua, ketiga dan keempat selain google. 

Apabila relasi anda tidak mendengarkan anda, maka risiko bisnis anda bisa terhenti seriap saat ketika suplier anda down mengikuti google yang down, harus anda reduce dengan mencari suplier baru.

Semua Ciptaan Manusia Tidak Abadi (dokumen pribadi)
Semua Ciptaan Manusia Tidak Abadi (dokumen pribadi)

Relasi bisnis lainnya harus anda perlakukan sama dengan suplier, intinya jangan sampai apapun yang anda lakukan terganggu, bahkan terhenti karena relasi bisnis anda sedang down akibat google down.

Apabila ada yang mengatakan google sangat kuat sehingga tidak mungkin down, pasti yang mengatakan itu pembohong. Downnya google baik karena teknologi, bisa juga terjadi karena datanganya pesaing, sebagaimana dulu ketika google datang dan membuat pendahulunya gulung tikar termasuk Yahoo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN