Mohon tunggu...
Shollu Muhammad
Shollu Muhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - ...

Turki

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendidik Moral pada Anak

23 November 2022   21:59 Diperbarui: 23 November 2022   22:36 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KONSEP DASAR PERKEMBANGAN MORAL

Perkembangan moral mengarah kepada proses di mana anak-anak mengembangkan standar benar dan salah yang ada dalam masyarakat. Berdasarkan pada norma sosial, budaya, dan hukum. 

Adapun menurut seorang tokoh terkenal yaitu Lawrence Kohlberg menjelaskan perkembangan moral itu sebagai proses menemukan prinsip-prinsip moral universal (keseluruhan) dengan berdasar pada perkembangan intelektual anak. 

TEORI PERKEMBANGAN MORAL MENURUT PIAGET

Menurut Piaget, perkembangan moral itu memiliki dua tahapan. Piaget menyebutkan, tahapan pertama itu "tahap realisme moral".Lalu tahapan yang kedua disebut "tahap moralitas otonomi".

Tahap realisme moral. Perilaku anak ditentukan oleh ketaatan terhadap peraturan tanpa penilaian. Anak menganggap orang tua dan semua orang dewasa memiliki kuasa dan mengikuti peraturan yang diberikan pada mereka tanpa tahu itu benar atau salah. Dalam tahap perkembangan moral ini, anak menilai perilaku sebagai "benar" dan "salah" atas dasar konsekuensinya dan bukan berdasarkan motivasi di belakangnya. 

Tahap moralitas otonomi, anak menilai perilaku dengan hal yang menyebabkan perilaku atau aktivitas itu terjadi. Tahap ini ketika anak usia 7 atau 8 dan berlanjut hingga usia 12 dan lebih. Pemahaman anak tentang keadilan mulai berubah. Anak mulai mempertimbangkan keadaan tertentu yang berkaitan dengan suatu pelanggaran moral. 

Misalnya bagi anak usia 5 tahun berbohong selalu "buruk", tapi anak yang lebih besar mulai sadar bahwa berbohong dibolehkan pada situasi dan keadaan tertentu karena itu tidak selalu "buruk". Tahap kedua perkembangan moral ini bertepatan dengan "tahapan operasi formal" dari Piaget dalam perkembangan kognitif, dimana ketika anak bisa mempertimbangkan semua cara yang mungkin berguna dan bisa untuk memecahkan suatu masalah tertentu.  

TAHAP PERKEMBANGAN MORAL MENURUT KOHLBERG

Teori atau pengertian dan penjelasan tentang moral adalah sikap dan perilaku individu yang didasari oleh nilai nilai hukum yang berada di lingkungan dimana dia besar dan tumbuh. 

 Jadi seseorang dapat dikatakan dapat memiliki teori moral adalah ketika seseorang itu sudah memiliki kesadaran dan pengertian dengan mentaati hukum hukum yang berlaku di tempat dia dibesarkan atau ditempat ia tinggal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun