Mohon tunggu...
Diniyah Mar atus
Diniyah Mar atus Mohon Tunggu... Pelajar mahasiswa

Nineteen

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Sistematika Filsafat

12 Maret 2020   13:45 Diperbarui: 12 Maret 2020   13:40 130 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb
Di sini saya akan menulis tentang sistematika filsafat. Pengertian sitematika filsafat ialah hasil berpikir dari segala sesuatu yang ada yang sudah tersusun secara sistematis. Sistematis filsafat dibagi menjadi tiga macam,yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

Yang pertama tentang ontologi atau teori hakikat yang membicarakan tentang objek yang menghasilkan filsafat atau objek untuk memperoleh pengetahuan. Pembahasan teori hakikat sangat luas yang mencangkup segala yang ada dan mungkin ada. Hakikat ialah realistis, atau kenyataan sebenarnya,fakta,bukan keadaan sementara,apalagi menipu atau berubah - ubah.

Yang kedua tentang epistemologi atau juga disebut dengan teori pengetahuan yang membicarakan tentang sumber pengetahuan dan bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. Jadi pengetahuan ada tiga macam,yaitu pengetahuan sains, pengetahuan filsafat, dan pengetahuan mistik.

Yang ketiga tentang aksiologi atau teori penilaian. Aksiologi atau teori penilaian ini di bagi menjadi dua macam,yaitu penilaian etika dan penilaian estetika.
a. Penilaian etetika ialah membahas tentang baik buruknya tingkah laku dan tindakan manusia.
b. Penilaian estetika ialah penilaian keindahan terhadap seni dan bagaimana cara manusia bertingkah laku yang anggun dan baik.
 Sekian penjelasan tentang sistematika filsafat, semoga bermanfaat, happy for reading ()

VIDEO PILIHAN