Mohon tunggu...
Shohibul Jannah
Shohibul Jannah Mohon Tunggu... Hidup lebih baik

Optimis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Aliran Filsafat Pendidikan, Tokoh Pelopor, dan Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat

26 Maret 2020   23:31 Diperbarui: 10 April 2020   18:11 44 0 0 Mohon Tunggu...


A. Aliran Filsafat pendidikan.
   Aliran filsafat pendidikan banyak sekali tapi saya menjelaskan nya hanya lima  saja yaitu aliran progrevisme, perenialisme,esensialisme,idealisme,pragmatisme. 

1.progrevisme
   Dalam pandangan progrevisme, manusia harus selalu maju (progress) bertindak konstruktif,reformatif, aktif dan dinamis. Sebab manusia mempunyai naluri selalu menginginkan perubahan-perubahan. Pencetus aliran filsafat progrevisme yang paling Populer adalah John Dewey. Aliran ini mengutamakan peserta Didik di berikan kebebasan baik secara fisik maupun cara berfikir, untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam diri peserta Didik tanpa terhambat oleh rintangan yang di buat oleh orang lain. Aliran ini tidak menyetujui pendidikan yang bersifat otoriter.
2. Perenialisme
   Merupakan suatu aliran dalam pendidikan yg lahir pada abad kedua puluh.perenialisme memandang pendidikan sebagai proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan masa lampau yang di anggap sebagai kebudayaan yang ideal dan bisa mengatasi problem saat ini dan sampai kapanpun.
3.ensensialisme
   Merupakan aliran filsafat pendidikan yang lahir pada zaman renaissance. Aliran ini si dasari kepada nilai-nilai kebudayaan yang lama yg ada sejak peradaban umat manusia. Ensensialisme memandang pendidikan harus berpijak kepada nilai-nilai yang memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai yang terpilih yang mempunyai tata yang jelas.
4.Aliran idealisme
   Aliran idealisme merupakan suatu aliran filsafat yang mempunyai pandangan bahwa hakikat segala sesuatu ada pada tataran ide. Pencetus aliran ini adalah Plato. Menurut Plato hakekat segala sesuatu tidak terletak pada sifat materi atau bendawi tetapi sesuatu yang ada di balik materi itu, yakni ide. Ide bersifat kekal immaterial dan tidak berubah
5. Aliran pragmatisme
   Aliran ini merupakan aliran filsafat modern yang mengajarkan bahwa yang benar-benar apa yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan akibat dengan perantara akibat-akibat yang bermanfaat secara praktis. Aliran ini menerima pendapat apapun yang penting bersifat pragmatis.


B. TOKOH PELOPOR FILSAFAT PENDIDIKAN
1.Plato
2.Aristoteles
3.Ibnu Khaldun


C. PEMIKIRAN KUNCI TOKOH FILSAFAT PENDIDIKAN
1.Alkindi
  Filosof muslim pertama ini berpandangan bahwa manusia di bagi menjadi tiga bagian yaitu jiwa syahwat, jiwa emosional, jiwa irasional
2.Al Farabi
   Berpendapat bahwa manusia terdiri dari dua bagian yaitu jiwa dan badan. Di katakan sempurna apabila menjadi makhluk yang bertindak
3. Ibnu Taimiyah
   Berpendapat kebutuhan manusia di bagi menjadi dua yaitu, kebutuhan primernya dan sekunder.

Itulah beberapa penjelasan dari saya semoga bermanfaat....

VIDEO PILIHAN