Mohon tunggu...
shofiyah istibsyaroh
shofiyah istibsyaroh Mohon Tunggu... mahasiswa

pemula

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Seberapa Pentingnya Berbahasa Indonesia?

2 Desember 2020   22:38 Diperbarui: 2 Desember 2020   22:44 22 1 0 Mohon Tunggu...

Bahasa adalah bentuk alat berkomunikasi yang dimulai adanya percakapan lebih dari satu kata. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang tingkatnya nasional bagi penghuni rakyat Indonesia. Bahasa yang menyatukan dari berbagai macam suku, ragam budaya Indonesia. Bahasa yang begitu sangat penting bagi warga Indonesia khusunya para generasi muda yang menjadi harapan dan penerus bangsa.

Pada zaman serta teknologi yang maju membuat para generasi muda begitu menyepelekan bahwasa pentingnya mempelajari apa itu bahasa Indonesia, dimana  bahasa yang seharusnya menjadi warisan bahkan impian dilestarikan, kini diabaikan begitu saja bagi para pemuda zaman milenial. 

Pasalnya pada waktu ketika materi bahasa Indonesia diterangkan bukannya diamati bahkan dicerna tetapi dengan santainya diabaikan dengan mengobrol bersama teman sebangku. Bahkan ketika guru menjelaskan dengan gampangnya murid tertidur pulas diatas meja. 

Mereka beranggapan bahwasannya mempelajari bahasa indonesia itu membosankan dan ada yang beranggapan mempelajari bahasa Indonesia juga bisa membuang waktu yang tidak begitu penting karena buat apa belajar selagi yang dipelajari sudah terbiasa digunakan bahkan bisa dikatakan sudah bisa. Akan tetapi, jika ditanya akan belajar berbahasa asing mereka akan lebih mudah menerimanya karena menurut mereka berbahasa asing sangat penting untuk masa depan mereka.

Sebagai generasi muda harapan dan penerus bangsa harus bisa mempelajari dengan sungguh akan bahasa Indonesia untuk memperbanyak kosa kata bahasa Indonesia yang kita miliki.  Belajar bahasa Indonesia bagi kita tidak ada ruginya, kenapa? iya selain kita mempelajari kita juga akan mendapatkan manfaat yang membantu dalam kesehariannya kita.

Indonesia adalah negara yang banyak akan suku, ras, dan budayanya dan tentunya di setiap suku memiliki bahasa yang berbeda beda. Untuk itu bahasa Indonesia diadakan untuk bahasa yang menjadikan satu bahasa kita, bahasa yang membantu menyampaikan maksud dari penyampaian yang diharapkan. 

Tidak mudah berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta baku. Oleh karena itu mari kita jaga dan lestarikan dengan belajar bahasa Indonesia yang begitu penting bagi kita semua khususnya para generasi muda milenial.

Nama : shofiyah istibsyaroh

Nim :2330019052

Universitas Nahdlatul Ulama surabaya

Tugas UTS Bahasa Indonesia

VIDEO PILIHAN