Mohon tunggu...
Shofie AsyaPritasari
Shofie AsyaPritasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PBA UIN Malang

2018

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

7 Urgensi Media Pembelajaran

20 September 2021   20:58 Diperbarui: 20 September 2021   21:11 6147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Media memiliki fungsi sebagai penghubung informasi dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Di dalam konteks pendidikan, terdapat media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat atau segala sesuatu yang membantu dalam proses pembelajaran untuk menyalurkan informasi atau materi pelajaran kepada peserta didik. Gagne dan Briggs (1975) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan media pembelajaran adalah alat-alat yang secara fisik dipakai untuk menyampaikan isi dari bahan ajar. 

Daryanto (2013) juga mengatakan bahwa hakikat dari proses belajar mengajar adalah komunikasi antara guru sebagai penyaji dan peserta didik sebagai penerima. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa tujuan dari adanya media pembelajaran adalah untuk memudahkan peserta didik untuk menangkap dan memahami isi materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga kompetensi-kompetensi yang diharapkan bisa tercapai.

Alat yang dimaksud bisa berbentuk visual, audio, audio-visual, cetak, maupun digital atau elektronik. Pada penerapannya, media pembelajaran bisa dipilih sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, metode yang digunakan, model pembelajarannya, kebutuhan, dan kemampuan peserta didik. Pada masa sekarang di mana zaman terus berkembang dan teknologi terus menerus mengalami pembaruan, bentuk-bentuk media pembelajaran semakin berkembang juga. Dengan adanya perkembangan ini, guru sebagai pendidik juga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan variatif.

Penggunaan media  dalam  proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan media pembelajaran bisa menyingkat waktu. Dengan kata lain, media pembelajaran bisa menyederhanakan permasalahan terkait dengan hal-hal baru dan asing bagi peserta didik. Sehingga bisa dikatakan kedudukan media pembelajaran sejajar dengan metode pembelajaran, karena keduanya saling membutuhkan. Oleh karena itu, media pembelajaran memiliki urgensi yang tidak kalah penting dalam proses pembelajaran. Berikut adalah tujuh urgensi media pembelajaran, yaitu:

1.Sebagai sarana yang membantu proses pembelajaran
Melihat dari makna dari kata "media", yaitu alat atau sarana yang kodratnya adalah membantu, maka bisa dipastikan media pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan efektif.

2.Menciptakan interaksi yang lebih intens antara guru dan peserta didik
Dengan adanya media pembelajaran yang dipilih guru, selain sebagai alat yang membantu guru, media juga secara tidak langsung menciptakan interaksi yang lebih rapat antara guru dan peserta didik, sehingga diskusi yang berlangsung antara guru dan peserta didik menjadi lebih optimal.

3.Memudahkan peserta didik untuk memahami isi pelajaran
Berdasarkan tujuan utama dari media pembelajaran, yaitu agar isi materi bisa diserap dengan baik oleh peserta didik, dengan adanya media pembelajaran bisa dipastikan peserta didik dimudahkan dalam memahami pelajaran.

4.Membantu guru dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik
Peserta didik seringkali merasa jenuh dan bosan ketika sedang jam pelajaran karena pembelajarannya monoton. Jika guru menggunakan media pembelajaran yang cocok, maka kegiatan pembelajaran yang dihasilkan akan berkualitas dan tentunya lebih menarik perhatian para peserta didik.

5.Memudahkan guru dalam menyampaikan isi bahan ajar
Fungsi utama dari media pembelajaran adalah membantu atau memudahkan guru dalam mentransfer materi kepada peserta didik. Dalam poin ini selain guru yang dimudahkan, murid juga dimudahkan untuk memahami isi pembelajaran.

6.Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu ketika proses pembelajaran
Jika guru memilih media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam suatu proses belajar mengajar, maka keterbatasan ruang dan waktu bisa diatasi. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang dipilih akan membuat kegiatan pembelajaran lebih efektif. Dengan kata lain, walaupun proses pembelajaran hanya dilakukan dalam ruang kelas dan dalam jam pelajaran yang relatif singkat, peserta didik bisa menyerap inti pembelajaran dengan lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran.

7.Kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan asik
Kegiatan pembelajaran yang efektif akan menghasilkan hasil yang bagus terhadap mutu peserta didik. Hal ini dikarenakan dengan memilih media yang tepat sebagai pendukung pembelajaran, maka pembelajaran yang dihasilkan lebih menyenangkan dan akan menarik perhatian peserta didik, sehingga mereka lebih enjoy dan bisa menangkap inti dari pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun