Mohon tunggu...
Shanty Widi Yanti
Shanty Widi Yanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Hidup itu jangan dibikin susah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN TematikUPI 2021: Pelatihan Game Edukasi untuk Guru Membuat Pembelajaran Daring Lebih Menyenangkan

28 Juli 2021   00:19 Diperbarui: 28 Juli 2021   00:27 36 1 0 Mohon Tunggu...

Pada 31 Desember 2019 merupakan tanggal yang tidak akan terlupakan, yaitu dengan  munculnya sebuah penyakit di China yang tidak diketahui. Penyakit tersebut disebut virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19 (Coronavirus Disease - 2019). Virus Corona telah mewabah di Indonesia sejak awal Maret hingga saat ini. 

Dampak yang ditimbulkan dari pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona dengan memberlakukan social distancing, physical distancing hingga pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan  PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang saat ini sedang dijalankan khususnya didaerah Jawa Barat. Kebijakan-kebijakan tersebut berdampak pada berbagai bidang khususnya dibidang Pendidikan.

Sekolah yang terdampak oleh kebijakan-kebijakan tersebut salah satunya adalah SDN 039 Tegallega Kota Bandung. Dimana pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara tatap muka langsung, sehingga kendala yang dimiliki setelah dilakukannya wawancara ialah seluruh elemen pendidikan khususnya para guru dipaksa untuk menguasai berbagai platform digital untuk membuat media pembelajaran dengan minimnya alat yang menunjang. 

Dengan begitu kegiatan KKN tematik yang dilakukan oleh mahasiswi Pendidikan Multimedia UPI Kampus Cibiru bernama Shanty Widi Yanti beserta dua rekannya Febyana Chitta dan Rifa Hanifa Mardhiyah melakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran berupa game edukasi dengan platform yang mudah digunakan yaitu power point interaktif dan website educandy tujuannya melihat seberapa efektif dan efisien kah pembuatan media pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh.

Dalam satu sisi pembelajaran jarak jauh ini efektif menjadi salah satu upaya penyebaran wabah, namun di sisi lain menimbulkan persoalan baru dalam dunia pendidikan. 

Permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi ini berkaitan dengan banyaknya ketidaksiap khususnya pada guru, hal tersebut dikarenakan para guru harus mampu menyampaikan materi dengan cara yang efektif dan efisien namun menyenangkan sehingga mampu diakses melalui jarak jauh dan pembelajaran pun tidak monoton.

dokpri
dokpri
Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis game edukasi ini dibuat menggunakan aplikasi power point dengan mengoperasikan tools hyperlink dan animasi sebagai point utama dalam pembuatan game edukasi ini. 

Dalam pelatihan ini pun game edukasi dibuat menggunakan website educandy yang merupakan platform digital pembuat game edukasi dengan cara yang lebih mudah digunakan, platform tersebut menyuguhkan berbagai jenis game yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran guna mendapatkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, output yang di hasilkannya pun berupa link yang dapat dishare dan dapat diakses dengan mudah baik melalui komputer maupun smartphone.

Melalui pelatihan yang dilakukan pada tanggal 22 juli 2021 dan 27 Juli 2021 dihadiri oleh sebagian guru-guru SDN 039 Tegallega Kota Bandung berjumlah 12 orang. Dapat dilihat dari pendapat para guru setelah melaksanakan pelatihan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembuatan media pembelajaran ini sangatlah menjadi urgensi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Dengan memperbanyak pengetahuan mengenai media pembelajaran yang menarik dan inovatif seperti game edukasi, dapat membuat pembelajaran menjadi tidak membosankan, dan materi yang disampaikan pun lebih mudah untuk dipahami. Diharapkan setelah dilaksanakannya pelatihan ini para guru SDN 039 Tegallega Kota Bandung dapat lebih menguasai platform digital untuk menjadikan pembelajaran jarak jauh menjadi pembelajaran yang lebih menarik, efektif dan efisien.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN