Bahasa

Padanan Kata

11 Juli 2018   22:30 Diperbarui: 11 Juli 2018   22:43 266 0 1

Sudah tahukah kamu ?

oleh : Shiva Fauziah

Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Akan tetapi , seringkali kita keliru dalam berujar dan masih keliru apakah kata ini termasuk serapan istilah bahasa inggris atau serapan istilah bahasa asing ?

Pernahkah kamu mendengar kata dekor ? berbedakah dengan kata hiasan ?

Nah.. Kali ini saya akan membahas kata dekor. Kata dekor ini menarik untuk dibahas karena banyak masyarakat yang menggunakannya.

Menurut Suwardjono (2004:20) pembentukan kata dan istilah bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa rangkaian proses diantaranya: (1) menggunakan kata dalam bahasa Indonesia yang lazim dipakai; 

(2) menggunakan kata dalam bahasa Indonesia yang sudah  tidak lazim dipakai; (3) menggunakan kata dalam bahasa serumpun yang lazim dipakai; (4) menggunakan kata dalam bahasa serumpun yang sudah tidak lazim dipakai; 

(5) menggunakan istilah dalam bahasa inggris yang dapat dilakukan dengan penerjemahan, penyerapan dengan atau tanpa penyesuaian ejaan dan lafal, penerjemahan dan penyerapan sekaligus; 

(6) menggunakan istilah dalam bahasa asing yang dapat dilakukan dengan penerjemahan, penyerapan dengan atau tanpa penyesuaian ejaan dan lafal, penerjemahan dan penyerapan sekaligus; (7) dan proses terarkhir yaitu memilih pilihan yang terbaik antara prosedur 1-6. 

Dalam prosedur pembentukan istilah pada langkah 5, yaitu istilah dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan dan disesuaikan dengan ungkapan yang tepat. Mengapa begitu ? karena kata decor merupakan istilah dalam bahasa Inggris dengan penyerapan dan penerjemahan sekaligus. 

Arti kata dekor dalam kamus bahasa inggris-indonesia dcor (deco) b: dekor,hiasan Sedangkan dalam Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia jilid V dekor memliki arti : (1) n Sen Dekor adalah perlengkapan panggung teater yang diatur sedemikian rupa sehingga menggambarkan tempat kejadian. (2) n Sen latar belakang suara (dalam siaran sandiwara radio. (3) n Hiasan. 

Namun, banyak kita temukan dalam penulisan  dalam pengiklanan properti  lebih sering menggunakan kata dekor dibanding dengan padanan yang sudah tersedia yaitu hiasan.

Lalu mengapa penulisan kata decor dalam istilah bahasa inggris menjadi dekor dalam istilah

bahasa Indonesia ? dalam Dalam buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Edisi keempat) tentang Penulisan Unsur Serapan, terdapat kaidah ejaan yang berlaku sebagai berikut.

c di depan a, u, o, dan konsonan menjadi k

calomel -> kalomel

construction -> konstruksi

cubic -> kubik

coup -> kup

classification -> klasifikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2