Mohon tunggu...
Shinta Adibtia Sani
Shinta Adibtia Sani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

This too shall pass

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Fase Zat ke Empat? Mahasiswi Undip Kenalkan Plasma pada Anak-anak Sekolah Dasar

2 Agustus 2021   17:19 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:49 36 2 0 Mohon Tunggu...

Semarang (13/6). Mahasiswi fisika UNDIP mengenalkan fase zat keempat yang disebut plasma pada anak-anak Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 07 Semarang sebagai salah satu program kerja Kampus Mengajar Angkatan 1.

Sejak dari bangku SD sampai SMA, anak-anak sekolah hanya dikenalkan pada tiga fase zat yakni fase padat, fase cair, dan fase gas. Maka dari itu, mahasiswi fisika UNDIP mengenalkan apa yang telah didapatkan dalam bangku perkuliahan mengenai adanya fase zat ke empat yang disebut plasma.

Secara sederhana, plasma dapat didefinisikan sebagai zat yang terionisasi. Salah satu contoh plasma dalam kehidupan sehari-hari adalah petir. Temperatur plasma jauh lebih tinggi daripada fase-fase zat lain.

Dalam kegiatan ini, plasma dikenalkan melalui pembuatan poster yang berisi tentang materi plasma. Materi dalam poster tersebut dikemas secara sederhana dan menarik agar anak-anak Sekolah Dasar tertarik untuk membaca dapat memahami informasi yang ingin dibagikan. 

Poster plasma tersebut kemudian diberikan kepada guru kelas untuk ditempel agar seluruh anak-anak SD Muhammadiyah 07 Semarang dapat membacanya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan anak-anak Sekolah Dasar dapat mengetahui adanya plasma yang merupakan fase zat ke empat setelah fase padat, fase cair, dan fase gas.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN