Mohon tunggu...
Shinta Harini
Shinta Harini Mohon Tunggu... Penulis - From outside looking in

Pengajar dan penulis materi pengajaran Bahasa Inggris di LIA. A published author under a pseudonym.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mana Tense yang Benar?

26 Juli 2021   10:00 Diperbarui: 26 Juli 2021   10:08 234 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mana Tense yang Benar?
Sumber foto: Pixabay

She has stayed in Jakarta since 2010.
She has been staying in Jakarta since 2010.

Murid sering bingung mana yang benar dari dua kalimat di atas itu. Menurut saya kedua kalimat itu sangat tipis perbedaannya, bahkan bisa dibilang sama. Okay. Pertama-tama saya akan menguraikan dulu beberapa hal.

Jadi kalimat yang pertama menggunakan Present Perfect Tense, sedangkan kalimat kedua adalah Present Perfect Continuous Tense. Sekarang kita akan melihat fungsi masing-masing tense tersebut.

Fungsi Present Perfect Tense yang pertama adalah menyatakan bahwa suatu kegiatan terjadi di masa lampau dan terlihat akibatnya di masa sekarang. Untuk fungsi ini biasanya tidak perlu menggunakan time markers atau penunjuk waktu, karena sudah dimengerti dari kalimatnya. 

Namun fungsi ini biasanya menggunakan beberapa adverbs atau kata keterangan, seperti already atau yet

Contoh yang menunjukkan fungsi ini adalah: I have already taken a shower. Di sini, kegiatan saya mandi adalah di masa lampau sedang akibatnya bisa dilihat di masa sekarang, misalnya saya jadi kelihatan bersih dan segar. Lebih cantik jugakah? Mungkin saja. :)

Untuk fungsi kedua dari Present Perfect Tense adalah di mana suatu kegiatan terjadi di masa lampau dan masih berlanjut ke masa sekarang. Untuk fungsi ini suatu kalimat biasanya menggunakan time markers seperti for (selama) dan since (sejak). Contoh-contoh untuk fungsi ini adalah sebagai berikut:
- I have known him for 20 years.
- I have known him since 2000.

Fungsi ketiga Present Perfect Tense menunjukkan bahwa suatu kegiatan itu berulang beberapa kali di masa lampau. Sedang time markers yang biasa digunakan adalah twice, three times, several times, dan lain-lain. Contoh kalimat untuk fungsi ini adalah He has called me ten times today.

Jadi demikianlah ketiga fungsi Present Perfect Tense. Lalu bagaimana dengan Present Perfect Continuous Tense? 

Nah, kalau Present Perfect punya tiga fungsi, tense yang ada embel-embel Continuous mengambil satu saja fungsi dari yang telah diuraikan di atas, yaitu bahwa suatu kejadian dimulai di masa lampau dan masih berlanjut di masa sekarang. 

Tense ini juga menggunakan time markers for dan since. Contohnya seperti: I have been working on this case for two weeks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN